Latih Pelaku IKM, Ketua Dekranasda Kabgor Sampaikan Ini  - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Latih Pelaku IKM, Ketua Dekranasda Kabgor Sampaikan Ini 

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar pelatihan pemanfaatan peningkatan mutu dan kualitas desain karawo bagi pelaku industri kecil dan menengah pemula di Kabupaten Gorontalo.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo Fory Naway, hadir membuka langsung sekaligus memberikan materi dalam kegiatan yang berlangsung di Aziziah Hotel, Senin (9/12/2019). Fory menjelaskan secara umum, kata bisnis memberikan makna sebagai rangkaian aktivitas komersial.

“Bisnis adalah kegiatan ekonomi atau ekonomi adalah kegiatan,” paparnya.

Ketua TP PKK Kabgor ini menyampaikan penting bagi pelaku IKM untuk mengetahui etika dalam berbisnis. Menurutnya, sangatlah penting etika bisnis ditanamkan bagi para pelaku IKM dan juga pelaku pemula.

“Etika bisnis berperan penting dalam memberikan kepercayaan terhadap kelompok atau individu yang berkepentingan dengan jalannya perusahaan yang di lakoni setiap hari,” ujar Fory.

Fory menjelaskan, prinsip-prinsip profesi pebisnis perlu ditanamkan bagi para pelaku IKM. Sebab, profesi pebisnis ini akan membuat satu usaha yang dikembangkan akan sangat bermanfaat dan ada hasilnya.

“Prinsip –prinsip itu antara lain, prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle), integritas moral serta prinsip tanggungjawab,” Jelasnya.

Istri Bupati Kabgor ini berharap dalam prinsip profesi pebisnis harus pula mempertahankan standar etika dan tanggungjawab sosil perusahaan. Diantaranya, menciptakan kepercayaan perusahaan, jalankan kode etik, lindungi hak perorangan, sering mengadakan pelatihan etika dan audit etika secara periodik.

“Pertahankan standar yang tinggi tentang tingkah laku, jangan hanya aturan, hindari contoh etika yang tercela dan paling utama menciptakan budaya komunikasi dua arah. Yakni, kelompok dalam perusahaan serta kelompok luar perusahaan,” harapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top