PKK Kabgor Bantu Pemda Dalam Penanggulangan Stunting - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

PKK Kabgor Bantu Pemda Dalam Penanggulangan Stunting

Republikpos, Limboto – TP PKK Kabupaten Gorontalo terus mendukung dan membantu pemerintah daerah dalam percepatan penanggulangan dan penurunan stunting. Sebagai organisasi mitra yang memiliki program kerja dalam bidang kesehatan PKK Kabgor telah memberikan kontribusi nyata.

“Saat mengintervensi penanganan Stunting PKK Kabupaten Gorontalo mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan yang dibuktikan dengan pemberian dana pendampingan kurang lebih 625 juta pada tahun 2018,” papar Ketua PKK Kabgor Fory Naway saat menjadi pemateri pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 55 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Gorontalo, di resto Pentadio Resort Kecamatan Telaga Biru, Senin (9/12/2019) kemarin.

Fory menjelaskan, program kerja PKK dalam bidang kesehatan antara lain mengelola kesehatan, kelestarian lingkungan hidup serta perencanaan kesehatan. Prioritas program PKK dalam kesehatan yaitu, memantapkan keluarga sadar gizi (Kadarzi) dalam upaya menurunkan prevalensi anak balita kurang gizi salah satunya gizi seimbang pada ibu hamil, menyusui dan balita.

PKK Kabgor juga bekerjasama dengan puskesmas kecamatan dalam penyediaan makanan tambahan bagi anak balita dan anak sekolah. “Disana dilaksanakan pos gizi dengan pemberian makanan tambahan selama 12 hari berturut-turut,” ungkap Fory.

Hal ini kata Fory, sebagai upaya penambahan kalori (Protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Selain itu, program lain menjadikan perilaku hidup bebas dan sehat (PHBS) sebagai perilaku sehari –hari bagi masyarakat utamanya anak balita dan anak sekolah hingga ibu hamil.

Fory menambahkan, peran PKK dalam penanganan stunting yakni membudayakan lima imunisasi dasar lengkap dan rutin menurunkan angka kematian anak dan ibu. Meningkatkan kesadaran pasangan usia subur tentang manfaat pemakaian alat kontrasepsi.

“Kami juga terlibat dalam sosialisasi dan pengukuhan pencegahan penyakit menular dan tidak menular,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top