Dosen UIN Makassar Terbitkan Buku Etika Komunikasi - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Dosen UIN Makassar Terbitkan Buku Etika Komunikasi

Dosen Jurnalistik FDK UIN Alaudddin (Andi Fadli) menyerahkan secara resmi buku kepada Dekan FDK UIN (Firdaus Muhammad).

Republikpos, Makassar – Dalam ranah komunikasi, etika menjadi nilai penting bagi pelaku profesi di bidang komunikasi. Nilai ini diperlukan dalam menjaga keberadaan profesi tersebut di tengah masyarakat. Hal tersebut yang mendasari Andi Fadli, salah satu Dosen Jurusan Jurnalistik pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menerbitkan sebuah buku yang berjudul Etika Komunikasi, yang merupakan hasil karya bersama dosen pascasarjana Univeritas Negeri Makassar, Dr Risma dan Dr Irsyad.

Mantan jurnalis Trans TV dan Harian Berita Kota ini mengatakan, buku tersebut sengaja diterbitkan karena masih banyak yang belum mengerti tentang etika media.

“Jangankan masyarakat luas, sebagian jurnalis juga masih ada yang belum mengerti soal etika komunikasi dan media,” ujar Andi Fadli.

Menurut Fadli, hal yang mendasar adalah etika. ”Banyak orang jago tapi belum tentu punya etika atau mental bagus,” ungkap mantan Ketua AJI Makassar ini.

“Meski buku ini belum sempurna, tetapi paling tidak sudah bisa menambah keilmuan. Baik mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum,” jelasnya.

Sebelumnya, Andi Fadli yang pernah menjadi Anggota KPID dan direktur sebuah stasiun TV lokal di Makassar ini, juga telah menerbitkan beberapa buku diantarnya, perjalanan jurnalis, kumpulan opini serta beberapa buku hasil karya bareng teman dosen dan wartawan.

”Saya sedang belajar, setidaknya sudah ada karya,” tutup pria yang aktif melakukan riset dan penelitian soal media ini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top