Dewan Minta Pemda Jangan Pangkas GTT - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Dewan Minta Pemda Jangan Pangkas GTT

Republikpos, Gorut – Ketua komisi III DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa, mengapresiasi ketegasan bupati Gorut, Indra Yasin yang telah memastikan tidak akan ada pemangkasan Pegawai tidak tetap (PTT) dan Guru Tidak Tetap (GTT) tahun depan.

Ariyati mengaku sepakat dengan kebijakan bupati tersebut. Menurut mantan Kadis Pendidikan Gorut ini, melihat analisis beban kerja di dunia pendidikan, pemangkasan GTT dinilai hanya akan berimbas pada menurunnya pelayanan pendidikan di setiap satuan pendidikan di seluruh kecamatan.

“Kualitas guru tidak tetap (GTT) yang ada saat ini menurut saya sudah sangat maksimal, kita tahu bersama daerah kita daerah pemekaran dan yang menjadi permasalahan dari daerah pemekaran adalah kurangnya infrastruktur serta kurangnya tenaga yang siap pakai. Jika GTT dikurangi pasti pelayanan pendidikan kita akan terganggu,” ungkap Ariyati, Selasa,(3/12/2019) kemarin.

Ariyati menambahkan, sebagai mitra dari eksekutif pihaknya menilai bahwa sumbangsih program pendidikan yang ada di Gorut dinilai sudah sangat maksimal, dimana di setiap pelosok desa yang ada diwilayah kecamatan sudah ada penempatan guru tidak tetap yang bertugas dalam memberikan pelayanan pendidikan.

“Sampai saat ini pemenuhan pelayanan pendidikan di pelosok selalu diprioritaskan oleh pemerintah daerah, kalau GTT dipangkas, bagaimana dengan nasib para murid yang ada di sana?” tuturnya.

Politisi PDIP ini menyebut, wacana pengurangan jumlah GTT hanya berdasarkan pada sisi penghematan anggaran, namun perlu diketahui bahwa angka partisipasi murni melalui sektor pendidikan di Gorut sudah bisa menyumbang dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 19 Miliar.

“Jangan dulu berbicara soal anggaran, kita fokus saja dulu pada pelayanan pendidikan, karena instrument terdepan dalam dunia pendidikan adalah guru. Bagaimana mungkin proses pendidikan di daerah bisa berjalan ketika instrument terdepan dalam dunia pendidikan dipangkas tenaganya,” kata Ariyati.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top