Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas Bakal Dibangun di Kabgor - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas Bakal Dibangun di Kabgor

Republikpos, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus berkomitmen untuk membangun perumahan bagi komunitas yang ada di daerah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan penyiapan administrasi pembebasan tanah untuk lokasi pembangunan yang terus dimatangkan.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Kabgor, Kisman Ishsak mengatakan, sertifikat tanah dalam proses administrasinya di Kantor pertanahan. Kemudian pematangan tanah untuk lokasi dalam proses persiapan pelaksanaan yang telah dianggarkan dalam APBD-P tahun 2019.

“Prototipe gambar rumah dan Site plan dalam proses pekerjaan yang juga menggunakan dana APBD-P tahun 2019,” ujarnya, usai mendampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo bertemu Dirjen Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid dan Direktur Rumah Swadaya, Raden Johny Fajar Sofyan Subrata, di Kementerian PUPR RI Jakarta, Rabu (20/11/19).

Kisman menyebut Pertemuan Bupati Nelson Pomalingo dengan Dirjen Penyediaan Perumahan serta direktur Rumah Swadaya dalam rangka membahas tentang kesiapan Pemkab Gorontalo untuk program pembangunan rumah swadaya berbasis komunitas yang berlokasi di Desa Datahu Kecamatan Tibawa dengan usulan awal 500 unit.

“Sesuai rencana dari kementerian, groundbreaking atau peletakan batu pertama dilakukan awal bulan februari tahun 2020 mendatang yang rencananya akan dihadiri langsung oleh presiden atau wapres. Untuk tahap awal, Pemkab Gorontalo juga telah menyiapkan lokasi pembangunan untuk 500 unit rumah,” ungkap Kisman.

Pembangunan rumah berbasis komunitas ini dikhususkan untuk sejumlah komunitas di Kabupaten Gorontalo.

”Komunitas itu antara lain, komunitas abang bentor, Tenaga Honorer, porter dan para petani. Insya Allah, pembangunan rumah komunitas ini selangkah lagi terwujud dan segera dinikmati para penerima,” papar Kisman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top