Banggar Soroti Minimnya Anggaran Untuk Puskesmas - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Banggar Soroti Minimnya Anggaran Untuk Puskesmas

Republikpos, Gorut – Anggota Badan Anggaran DPRD Gorontalo Utara, Rina Polapa, meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan, untuk bisa memberikan porsi anggaran lebih pada peningkatan pelayanan kesehatan yang ada di seluruh Puskesmas yang ada di Gorut.

Hal tersebut diutarakan Rina saat pembahasan rencana kerja anggaran (RKA) Dinas Kesehatan dengan tim Banggar DPRD Gorut yang digelar di ruang sidang DPRD Gorut, Minggu (17/11/2019).

Rina menyoroti porsi anggaran yang disiapkan oleh Dinkes Gorut untuk Puskesmas sangat minim. Hal tersebut kata Rina, akan berpengaruh kepada kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas yang dipastikan tidak akan maksimal.

“Anggaran yang ada di tiap-tiap Puskesmas sangatlah minim, makanya tidak heran seluruh puskesmas yang ada di daerah ini tidak maksimal dalam memberi pelayanan, baik itu dari sisi infrastruktur serta ketersediaan obat-obatan,” ungkapnya.

Ketua komisi I ini berharap, di tahun anggaran 2020 nanti, pihak Dinkes Gorut bisa lebih fokus lagi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada. Serta dapat mengurangi anggaran belanja pegawai serta biaya perjalanan dinas.

“Kita tahu bersama, pada program IQRA tercantum program kesehatan untuk masyarakat. Nah, kalau mau program itu berjalan maka puskesmas yang ada harus diperbaiki baik itu dari sisi insfratruktur serta pelayanannya,” tutur Rina.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top