Buka Seleksi Tambahan Calon kepala Desa, Ini Harapan Wabup - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Buka Seleksi Tambahan Calon kepala Desa, Ini Harapan Wabup

Republikpos, Pohuwato – Dua desa dari 14 desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak 10 Desember mendatang, mengikuti Seleksi Tambahan Calon Kepala Desa yang dibuka Wakil Bupati Amin Haras, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (13/11/2019).

Wabup Amin mengungkapkan, jika terdapat calon yang lebih dari yang telah ditentukan harus dilakukan seleksi tambahan untuk menetapkan sesuai dengan jumlah calon yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Ini adalah perintah undang-undang dan bukan kemauan pemerintah daerah dalam melakukan seleksi ini, karena calon lebih dari lima orang maka daerah wajib melakukan seleksi,” ungkapnya.

Amin menyebut, panitia seleksi tambahan ini betul-betul independen, karena berasal dari unsur luar pemerintah yang menguji para calon tersebut. Untuk tim penguji terdiri 5 orang, masing-masing 4 dari akademisi dan praktisi di luar pemerintahan dan satu orang dari birokrasi yakni Asisten Pembangunan, Rusmiyati Pakaya.

“Semua akan ditentukan oleh bapak-bapak, artinya hasilnya nanti merupakan kerja dari para calon, sehingga itu tolong kalau sudah ditetapkan oleh panitia maka sudah itu hasilnya. Karena panitia desa menyerahkan ke pemda dan oleh pemda ada panitia yang melihat siapa yang jadi rangking 1 sampai seterusnya sesuai dengan hasil kerja dari para calon itu sendiri.

Wabub berharap agar para peserta seleksi lanjutan dapat menerima hasil seleksi yang di lakukan pada hari ini. “Semua ditentukan oleh bapak-bapak lolos atau tidak, saya minta kalau tidak lolos maka terimalah dengan ikhlas dan legowo bahwa ini hasil yang memang betul-betul sesuai hasil yang dilakukan. Jangan sampai sesudahnya saling protes, kalau memang tidak lolos tidak usah dipermasalahkan, yang pasti panitia desa akan mengikuti hasil dari sini dan yang ditetapkan oleh panitia sesuai hasil seleksi dari pemda,” tutur Wabup Amin.

Amin juga meminta kepada panitia seleksi untuk betul-betul memberikan penilaian yang seobjektif mungkin dalam menetapkan hasil seleksi agar dikemudian hari tidak terjadi resistensi di tengah masyarakat.

Adapun Seleksi tambahan dilakukan untuk Desa Torosiaje Kecamatan Popayato dan Desa Buntulia Tengah Kecamatan Buntulia. Kedua desa tersebut memiliki calon lebih dari lima orang. Pelaksanaan seleksi ini adalah bagian dari adanya ketentuan yang mengatur penyelenggaraan Pilkades baik Permendagri maupun petunjuk teknis pelaksanaannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top