Masuk Musim Tanam, Siswanto Biki Minta Pemkab Gorut Perhatikan Kebutuhan Petani - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Masuk Musim Tanam, Siswanto Biki Minta Pemkab Gorut Perhatikan Kebutuhan Petani

Republikpos, Gorut – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Siswanto Biki meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan kebutuhan para petani yang berada di Kecamatan Kwandang, Tomilito dan Ponelo Kepulauan yang saat ini sangat membutuhkan pupuk serta bibit dan kebutuhan untuk bertani lainnya.

Siswanto biki mengatakan saat ini sudah masuk pada musim tanam. “Sementara kebutuhan akan pupuk, bibit dan lainnya itu meningkat dan ketersediaan kebutuhan tersebut saat ini telah habis. Jika hal ini tidak segera mendapatkan perhatian yang serius, maka musim tanam kali ini akan terlewati” ungkapnya.

Legislator Partai Gerindra ini menyebut, luas areal pertanian yang tersebar di tiga kecamatan tersebut sangat membantu produktivitas yang ada di daerah ini, namun tidak akan maksimal jika tidak digarap dengan optimal.

“Bagaimana para petani akan memaksimalkan produktivitas pertanian pada musim tanam kali ini, sementara kebutuhan pokok dalam pertanian seperti bibit dan pupuk tidak tersedia. Konsekuensinya tentu akan ada begitu banyak lahan pertanian yang nganggur,” ungkap siswanto.

Menurut Siswanto Biki, untuk ketersediaan pupuk dan benih non subsidi memang ada. Namun para petani terkendala pada harga, karena kebanyakan para petani masih butuh dukungan dari pemerintah daerah melalui subsidi.

“Dukungan pemerintah daerah terkait dengan subsidi pupuk dan benih sangat dibutuhkan oleh para petani agar pada musim tanam kali ini dapat mengoptimalkan produktivitas,” tegasnya.

Jika kebutuhan para petani ini dapat dipenuhi oleh pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait, tentu manfaatnya akan sangat dirasakan.

“Tidak hanya bagi para petani dalam hal peningkatan kesejahteraan dan ekonomi. Bagi daerah tentu dalam hal produktivitas pertanian akan meningkat dan mampu menopang program pangan nasional,” papar Siswanto.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top