Hadiri peringatan Hari santri, Ini Pesan Wabup Pohuwato - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Hadiri peringatan Hari santri, Ini Pesan Wabup Pohuwato

alterntif text

Republikpos, Pohuwato – Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras menghadiri Apel Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Santri Nasional ke-4 yang berlangsung di lapangan Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, (Selasa 22/10/2019). Selain Wabup Amin turut hadir Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Widodo, Assisten Kesra, Hamka Nento, Kepala Kantor Kemenag Pohuwato, Yudin Moonti, Anggota DPRD Hamdi Alamri, Kabag Kesra Alwin Toma serta Pimpinan Ponpes Salafiyah Safi’iyah KH. Abdul Ghofur Nawawi.

Dihadapan para santri se-Kabupaten Pohuwato, Kapolres Agus Widodo yang bertindak selaku pembina upacara membacakan sambutan seragam Sekretaris Jendral Kementerian Agama RI, M. Nur Kholis Setiawan. Kapolres mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sementara itu, Wabup Amin Haras menyampaikan selamat hari santri nasional terlebih bagi santri-santri yang ada di Pohuwato. Amin berpesan, lewat tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” bisa menjadi perhatian semua, karena isu perdamaian diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Selaku pemerintah daerah Wabup Amin berharap agar santri-santri menjadi terdepan dalam menjaga perdamaian terutama di lingkungan dimana para santri menimba ilmu. Hal ini dimaksudkan agar Islam yang rahmatan lilalamin benar-benar terwujud dan  dapat menjaga kebersamaan diantara sesama serta mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan sehingga tercapai bangsa maupun daerah yang aman dan tentram.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top