Dekranasda Mitra Pemkab Gorontalo Kembangkan Industri Kecil Menengah - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Dekranasda Mitra Pemkab Gorontalo Kembangkan Industri Kecil Menengah

alterntif text

Republikpos, Limboto – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Gorontalo merupakan mitra pemerintah dalam pengembangan industri kecil menengah dan UMKM khususnya di bidang kerajinan.

Hal itu diutarakan Ketua Dekranasda Kabgor, Fory Naway saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi pengendalian mutu dan pentingnya legalitas bagi pelaku IKM se-Kabupaten Gorontalo yang digelar Pemkab Gorontalo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama Bank BRI cabang Limboto di Hotel Azizah Limboto, Rabu (16/10/2019).

Fory yang juga ketua PKK Kabgor itu mengatakan, sejumlah produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Gorontalo yang terus didorong dan dipromosikan yakni karawo, kupiah karanji, kopiah eceng gondok dan lain sebagainya.

“Upaya yang Dilakukan Dekranasda Kabupaten Gorontalo dalam memfasilitasi dan membantu IKM melakukan inovasi, promosi, akses pasar, pengembangan jaringan usaha, pembedayaan SDM, fasilitasi permodalan, peningkatan teknologi serta penguatan kelembagaan,” ungkapnya.

Menurut Fory, target dan langkah strategis Dekranasda Kabgor untuk pengembangan IKM adalah melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti dinas terkait, BUMN, dan TP PKK. Melakukan optimalisasi potensi dan peluang produk kerajinan IKM, promosi hasil produk IKM secara nasional serta meningkatkan kemampuan SDM IKM sehingga akan tercipta IKM mandiri dan berdaya saing.

“Keberadaan IKM sangat penting dan strategis sebagai wadah bagi para pengrajin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pengrajin. IKM juga memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Istri Bupati Kabgor ini memaparkan sejumlah program yang sedang dan terus dilakukan oleh Dekranasda Kabgor untuk IKM. Antara lain, memfasilitasi IKM dalam menghasilkan produk-produk kerajinan yang bermutu dan berkualitas. Melakukan regenerasi sumber daya manusia perajin yang unggul, melalui pelatihan, pembinaan, pemasaran, dan pengembangan produk IKM serta membina kelompok-kelompok usaha IKM untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan daya saing serta memperluas akses.

“Mempromosikan hasil produk IKM dan menyiapkan showroom Dekranasda Kabupaten Gorontalo untuk menjual oleh-oleh khas daerah hasil dari IKM serta mendampingi IKM dalam pengurusan legalitas usaha dan pengendalian mutu produk yang dihasilkan,” paparnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top