Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum Pemda, Sekda Ingatkan Sejumlah Hal - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum Pemda, Sekda Ingatkan Sejumlah Hal

Ridwan Yasin (Sekda Gorontalo Utara) saat membuka bimtek Penyusunan Produk Hukum Kepala Daerah.
alterntif text

Republikpos, Gorut – Penyusunan produk hukum dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan daerah, harus mendapat perhatian dari seluruh aparatur pelaksana karena produk hukum daerah seperti Peraturan Daerah, Peraturan dan Keputusan Kepala Daerah, merupakan produk hukum yang sangat pokok dan mendasar dalam kegiatan pemerintahan.

Hal itu dipaparkan Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Produk Hukum Kepala Daerah (PHKD) yang dilaksanakan Bagian Hukum Setda Kabupaten Gorut dan diikuti oleh seluruh Kepala OPD di Kabupaten Gorut.

“Nantinya produk ini akan dijadikan dasar atau acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Oleh sebab itu, setiap produk hukum daerah harus disusun dengan memperhatikan aspek filosofis, sosiologis dan yuridis yang pada akhirnya jika hal tersebut terpenuhi, maka produk hukum tersebut akan efektif dalam penerapannya dan tidak bertentangan dengan ketertiban umum atau peraturan yang lebih tinggi,” ujar Ridwan.

Ridwan mengingatkan agar dalam penyusunan produk hukum kepala daerah, termasuk aspek kewenangan dan aspek keadilan, harus betul-betul diperhatikan. Disamping itu perlu diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyusunan bentuk dan prosedur yang benar, sehingga produk hukum yang diterbitkan betul-betul baik, benar, aspiratif dan efektif.

“Untuk menghindari terjadinya permasalahan substansi yang nanti bermuara pada terhambatnya penyelenggaraan pemerintahan di daerah, hendaknya senantiasa diupayakan produk hukum daerah yang dihasilkan, terutama Peraturan Daerah, Peraturan dan Keputusan Kepala Daerah, harus benar-benar didasarkan kepada kewenangan daerah, bersifat aspiratif, tidak duplikatif, dan secara legal drafting benar dan efektif, dalam artian dapat dilaksanakan dan ditaati,” paparnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top