BPSDM Gelar Orientasi Bagi 160 Legislator Se-Provinsi Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

BPSDM Gelar Orientasi Bagi 160 Legislator Se-Provinsi Gorontalo

Djafar Ismail (Ketua DPRD Gorontalo Utara) Saat mengikuti kegiatan Bimtek orientasi di hotel Grand Q gorontalo.
alterntif text

Republikpos, Gorut – Sebanyak 160 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Se-provinsi Gorontalo Periode 2019–2024, mengikuti orientasi yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo. Bimtek ini akan berlangsung di Kota Gorontalo selama 4 hari, terhitung sejak 15-20 Oktober 2019 mendatang.

Panitia pelaksana kegiatan, Jamaludin Pata mengatakan, orientasi tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 133 tahun 2017, tentang orientasi dan pendalaman tugas Anggota DPRD provinsi dan kabupaten atau kota.

“Orientasi ini adalah pembekalan kepada seluruh anggota DPRD yang baru dilantik,” kata Jamaludin.

Dia menambahkan, pelaksanaan orientasi ini tidak memandang caleg pendatang baru ataupun petahana.

“Semua wajib mengikuti, baik yang baru maupun yang petahana, dan orientasi ini satu kali dalam masa satu periode,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gorut Djafar ismail mengungkapkan, orientasi ini merupakan hal yang wajib bagi seluruh anggota DPRD yang telah mengucapkan sumpah janji. Pada saat orientasi, para wakil rakyat tersebut  diajarkan tentang pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, wawasan kebangsaan dan lainnya.

“Ada juga materi pendalaman tugas yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD,” tutur Djafar.

Pada prinsipnya, orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kemampuan, keterampilan, sikap, dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Jadi, ini penting sekali bagi anggota DPRD, utamanya yang baru terpilih pada Pileg 2019,” ucap Djafar.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top