BPBD Gorontalo Gelar Pemulihan Psikologis Pasca Bencana di Pohuwato - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

BPBD Gorontalo Gelar Pemulihan Psikologis Pasca Bencana di Pohuwato

alterntif text

Republikpos, Pohuwato Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento meminta masyarakat di Kecamatan Marisa khususnya Desa Bulangita dan Desa teratai agar selalu menjaga lingkungan dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Djoni juga berharap masyarakat setempat menjauhi pola-pola hidup yang cenderung bisa menyebabkan bencana.

Hal tersebut disampaikan Sekda Djoni saat membuka Kegiatan Pemulihan Psikologis Pasca Bencana yang digelar BPBD Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan BPBD Pohuwato, di Aula Kantor Desa Teratai, Rabu (16/10/2019).

Menurut Sekda Djoni, kegiatan ini penting dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Teratai dan Desa Bulangita yang terkena musibah bencana banjir beberapa waktu lalu. Djoni menyebut kegiatan ini perlu agar psikologis atau mental mereka tidak tertekan atau trauma dengan bencana yang telah mereka alami.

Sementara itu, Isnandar selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka pemulihan masyarakat dari pasca bencana.

“Kami BPBD Provinsi bekerjasama dengan BPBD Pohuwato melaksanakan kegiatan pemulihan trauma terhadap masyarakat mulai orang dewasa dan anak-anak khususnya anak-anak sekolah yang terdampak bencana di dua desa tersebut,” ujar Isnandar.

Isnandar menambahkan, Desa Bulangita dan Teratai menjadi sasaran BPBD dalam rangka pemulihan baik psikologis maupun pemulihan yang lainnya.

“Selama 2 hari baik dewasa maupun orang tua akan berikan motivasi, semangat untuk kembali pulih kehidupan normal seperti sedia kala dan mereka bisa menghilangkan trauma yang terjadi pada saat bencana lalu,” jelasnya.

Kepala BPBD Pohuwato Ramon Abdjul mengatakan, kegiatan pemulihan psikologis masyrakat yang terdampak bencana ini merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan di Provinsi Gorontalo dan lokasinya di Pohuwato. Selain sosialisasi, kegiatan lainnya berupa trauma healing juga pembobotan terhadap ASN yang menangai tentang pasca bencana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top