Antisipasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, Sekda Dorong Pengembangan Sistem Deteksi Dini - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Antisipasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, Sekda Dorong Pengembangan Sistem Deteksi Dini

alterntif text

Republikpos, Pohuwato – Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato menggelar Workshop Lintas Sektor Kontijensi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang dibuka langsung Sekretaris Daerah, Djoni Nento di Hotel Golden Sri Marisa, Rabu (16/10/2019).

Menurut Sekda Djoni, Workshop Kontijensi KKM menjadi persoalan baru bagi pemda terutama di bidang kesehatan. Sekda berharap agar pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, stakeholder lainnya perlu mengembangkan sistem yang mampu mendeteksi secara dini, cepat dan tepat terhadap suatu kejadian kesehatan masyarakat yang tidak lazim. Tim Gerak Cepat (TGC) tersebut akan sangat menentukan waktu dan metode tindakan pengendalian yang tepat.

Djoni meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato mempunyai dokumen kontijensi kedaruratan kesehatan masyarakat, sehingga akan terbentuk sistem dan mekanisme respon cepat dalam pencegahan kejadian.

“Organisasi profesi berupa RS Bumi Panua, Dinas Kesehatan, Puskesmas, IDI, PPNI dan lintas sektor lainnya yang terkait dalam kegiatan ini agar dapat mendukung pelaksanaan workshop kontijensi KKM tingkat Kabupaten Pohuwato,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Pohuwato Supandi M. Abdullah menambahkan, kegiatan ini menghadirkan sekitar 15 lintas sektor diantaranya Kodim, Camat Paguat, Kapolsek Marisa, Kapolsek Paguat, KKP Pelabuhan Paguat.

Menurut Supandi, kegiatan ini mengundang banyak dari lintas sektor dan khusus untuk Kecamatan Paguat merupakan pintu masuk pelabuhan, karena penyakit kedaruratan masyarakat ini umumnya masuk melalui pintu masuk seperti pelabuhan.

“Dengan harapan kedaruratan penyakit masyarakat ini bisa diketahui, karena kalau ini akan terjadi maka akan meresahkan semua pihak,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top