Kapal Hibah Kemenhub Untuk Pengembangan Pariwisata Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Kapal Hibah Kemenhub Untuk Pengembangan Pariwisata Gorontalo

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Sebanyak 50 kapal kayu berukuran 35 GT dengan kapasitas angkut 24 penumpang dan 5 orang awak, dihibahkan Kementerian Perhubungan RI kepada pemerintah daerah. Kapal yang diberi nama Banawa Nusantara ini memiliki bobot barang 10 ton dengan kecepatan 9 knot.

Penyerahan dan penandatanganan surat perjanjian hibah kapal pelayaran rakyat(pelra) daerah antara Kementerian Perhubungan yang diwakili oleh Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo dengan sejumlah perwakilan pemerintah daerah yang dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Turut hadir dalam acara ini, Gubernur Gorontalo Rusli habibie. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Djamal Nganro menyampaikan berkat usaha Gubernur bersama para bupati, Provinsi gorontalo mendapatkan hibah dua kapal pelayaran rakyat yang dialokasikan untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato serta dalam proses pengajukan kapal untuk kabupaten Boalemo.

Kapal Banawa Nusantara ini sendiri sudah memiliki standar keamanan yang baik, ber AC dan memiliki kamar juga. Keberadaan kapal ini untuk mendukung pengembangan pariwisata di Gorontalo dan mempermudah masyarakat pesisir dan kepulauan mengembangkan pariwisata.

Menurut Djamal, hibah kapal pelayaran rakyat ini anggarannya sebesar 2,3 miliar per kapal sehingga total 4,6 miliar untuk dua unit kapal. Di Gorut nanti akan di tempatkan di pelabuhan Kwandang untuk menghubungkan pulau Ponelo dengan objek wisata pulau Saronde.

“Untuk Pohuwato nanti kita akan berdiskusi dengan pemkab Pohuwato mengenai penggunaan kapal ini untuk objek-objek pariwisata disana,” ujanya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan sambutan berpesan agar kapal hibah ini dirawat dan dijaga dengan baik.

“Mudah-mudahan dengan hibah kapal ini pariwisata di Gorontalo akan semakin dikenal tidak hanya dikenal secara lokal tapi mendunia.

Rusli Habibie juga mengucapkan terimakasih kepada Kepada Dirjen Perhubungan Laut atas hibah kapal ini. “Kapal ini sangat berarti buat masyarakat yang ada di kepulauan dan pesisir tidak haya untuk transportasi laut tapi juga untuk memajukan pariwisata sebagai salah satu program unggulan di gorontalo dan mudah-mudahanan bantuan kapal seperti ini di tambah lagi tahun depan,” harap Rusli.

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top