Wabup Mediasi Konflik TKBM Anggrek Maju - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Wabup Mediasi Konflik TKBM Anggrek Maju

Thariq Modanggu (Wakil Bupati Gorontalo Utara) saat melakukan mediasi terhadap koperasi tkbm anggrek.

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq modanggu turun tangan melakukan mediasi permasalahan yang terjadi di Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Anggrek Maju, Kamis (10/10/2019) kemarin.

Pasca Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Desa Putiana, beberapa waktu lalu yang merekomendasikan Syaiful Karim sebagai ketua. Namun mendapatkan penolakan dari sejumlah pihak, dengan alasan tidak sesuai prosedur dan mekanisme sebagaimana dipertanyakan oleh pemerintah Desa Ilangata.

Wabup, Thariq yang hadir dalam pertemuan yang dilangsungkan di Kantor Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM itu mengatakan, pihaknya ingin memastikan hak-hak buruh bisa dijamin dan taraf hidupnya lebih baik lagi. “Termasuk soal BPJS, upah dan lain-lain. Ini yang akan kita perbaiki,” ucapnya.

Terkait kepengurusan koperasi hasil RAT, Thariq mengatakan, Pemda telah mengajukan 3 opsi, yakni opsi pertama, menolak kepengurusan dengan konsekuensi berkepanjangan. Opsi kedua, menerima dengan modifikasi, artinya ada perubahan dalam kepengurusan, diperbaiki dan disesuaikan lagi, termasuk dokumen-dokumen pengupahan dan jaminan sosial dibahas lagi.

“Kita akan menganalisa seluruh dokumen evaluasi keuangan dan penyelenggaraan kepengurusan lama, agar kita bisa menetapkan regulasi yang mana yang dipakai dan hak-hak apa yang akan diterima oleh buruh serta bagaimana koperasi ini bisa berkembang dengan baik,” ujar Thariq.

Wabup menambahkan hasil pertemuan ini sudah mengarah pada opsi kedua, namun dalam rangka itu akan ada pertemuan besar Bupati, Wakil Bupati bersama seluruh buruh dan instansi terkait.

“Sebelum itu akan ada pertemuan khusus terkait evaluasi secara umum dan penataan administrasi koperasi dalam sistem pengupahan termasuk jaminan sosial,” ungkapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top