Gubernur Rusli Hadiri SDGs Annual Conference 2019 - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Gubernur Rusli Hadiri SDGs Annual Conference 2019

Republikpos, Jakarta – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka Konferensi Tahunan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2019 di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Konferensi ini merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan kedua kalinya oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

SDGs Annual Conference 2019 ini fokus pada isu ekosistem lautan dengan tema “Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality” atau “Ekosistem Laut Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengurangi Kesenjangan”.

Wapres JK menyebut untuk memastikan pencapaian SDGs di Indonesia seluruh pilar harus partisipasi yaitu pemerintah, parlemen, filantropi, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan, media massa, serta akademisi dan pakar untuk tetap menjaga prinsip inklusif dan No One Left Behind dari pelaksanaan SDGs di Indonesia.

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan SDGs Annual Conference 2019 merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya, setelah melaksanakannya pertama kali pada 2018 lalu. Konferensi ini kata Bambang bertujuan untuk memberikan masukan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan dengan lebih baik untuk mencapai target SDGs di 2030.

“SDGs Annual Conference tahun ini, membahas isu-isu tentang pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem lautan dan lessons learned pelaksanaan SDGs di tingkat regional Asia Pasifik, mendorong pelaksanaan SDGs sebagai gerakan tingkat lokal, mempercepat pencapaian SDGs berdasarkan hasil riset dan inovasi, meningkatkan keterlibatan sektor bisnis, filantropi, organisasi non-pemerintah, dan generasi muda termasuk para santri dalam pelaksanaan SDGs di Indonesia, serta inovasi pembiayaan untuk SDGs,” papar Bambang yang juga Koordinator Tim Nasional Pelaksanaan Pencapaian SDGs.

Hadir dalam acara ini Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama 8 tokoh lainnya. Mereka mendapat kehormatan untuk menerima buku Road Map Of SDGs Indonesia menuju 2030 yang diserahkan langsung oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Berikut nama-nama penerima:
1. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Bapak Bambang Brodjonegoro
2. Executive Secretary of UN ESCAP: Ibu Prof. Armida Alisjahbana
3. Wakil Filantropi: Bapak Franky Welirang
4. Wakil CSO: Ibu Alisa wahid
5. Wakil Bisnis: Bapak Junardy
6. Rektor Universitas Riau: Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi
7. Gubernur Gorontalo: Bapak Rusli Habibie
8. UNRC: Ibu Anita Nirodi
9. Dirjen Regional Asia Tenggara ADB: Bapak Ramesh Subramaniam

“Alhamdulillah saya selaku Gubernur Gorontalo baru saja mendapat kehormatan untuk menerima buku Road Map Of SDGs Indonesia menuju 2030 yang diserahkan oleh wapres Jusuf Kalla. Suatu kebanggaan karena dari sekian peserta yang diberikan penghargaan, Provinsi Gorontalo adalah satu-satunya provinsi yang menerima buku Road Map SDGs 2019,” ungkap Rusli.

Menurut Gubernur Rusli, sebuah kehormatan buat Pemprov Gorontalo dan salah satu bukti komitmen dan konsisten kami bersama dengan tim yang sudah dibentuk dan bersungguh-sungguh dalam mengawal dan melaksanakan program aksi di daerah gorontalo sesuai dengan apa yang di rencanakan.

Rusli menambahkan, buku Roadmap SDGs yang menjadi salah satu rujukan berbagai dokumen perencanaan pembangunan nasional dan daerah hingga 2030. Harapan dari konferensi ini adalah agar semua pihak berkomitmen, bersinergi, bergotong royong, bekerja keras dan maju bersama dalam pembangunan ekosistem lautan dalam konteks pelaksanaan SDGs.

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top