Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Kemenkes Sambangi Pohuwato - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Kemenkes Sambangi Pohuwato

alterntif text

Republikpos, Pohuwato – Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento menerima Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin Adelina Hutahuruk didampingi tim Provinsi Gorontalo di ruang pola Kantor Bupati, Jumat (4/10/2019) kemarin.

Dalam sambutannya, Sekda Djoni Nento menyambut baik kunjungan tim verifikasi di Kabupaten Pohuwato. Djoni berharap Kabupaten Pohuwato dapat memperoleh hasil yang terbaik. “Semoga saja penilaian ini mendapatkan hasil yang terbaik. Saya berharap kepada Forum Kabupaten Sehat (FKS) dapat mendampingi tim yang akan turun sampai ke Desa Torosiaje, Kecamatan Popayato. Banyak hal yang akan dilihat oleh tim yang tentu akan menjadi sebuah persyaratan untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi,” ujar Sekda.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Al Amin Uduala memaparkan bahwa kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni oleh penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah.

Al Amin menambahkan, Forum Kabupaten Sehat Pohuwato terbentuk tahun 2016. Kemudian membentuk 5 Forum Kecamatan Sehat yakni Kecamatan Marisa, Randangan, Patilanggio, Buntulia dan Paguat. “Kami mengajukan dua tatanan sebagai prasyarat untuk memperoleh penilaian dari Kemenkes yang alhamdulillah mendapatkan penghargaan Padapa sebagai awal Forum Kabupaten Sehat. Ini berkat kerjasama, dukungan dari semua OPD,” jelasnya.

Di tahun 2018, FKS Pohuwato kembali membentuk 3 Forum Kecamatan Sehat yakni Kecamatan Dengilo, Lemito dan Duhiadaa. Total ada 8 kecamatan yang sudah dibentuk forum kecamatan sehat dan masih tersisa 5 kecamatan lagi.

Al Amin mengaku telah mengajukan dua tatanan untuk memperoleh perhatian dan akan diverifikasi Kemenkes yakni pariwisata sehat serta ketahanan pangan dan gizi. Kaitan dengan pariwisata Al Amin mengaku akan berkoordinasi dengan dinas pariwisata demikian juga dengan dinas pangan. Forum juga akan bekerjasama dan berkoordinasi dengan lintas OPD berhubung dengan data-data yang dibutuhkan oleh forum kabupaten sehat secara dokumentasi maupun bukti fisik di lapangan yang akan menjadi bahan verfikasi dari Kemenkes.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Djoni Nento, Ketua Pembina Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Irfan Saleh dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Al Amin Uduala yang juga selaku Anggota DPRD Pohuwato.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top