Buka Workshop Jitu Pasna, Sekda Gorut Sampaikan Ini - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Buka Workshop Jitu Pasna, Sekda Gorut Sampaikan Ini

Ridwan Yasin (sekda Gorontalo utara) saat membuka acara workshop pengkajian kebutuhan pasca bencana dihotel damhil, kota Gorontalo.
alterntif text

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin membuka acara Workshop Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang diselenggarakan oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorut, di Hotel Damhil UNG, Kota Gorontalo, Kamis (3/10/2019) hingga Minggu (06/10/2019) mendatang.

Workshop ini diikuti oleh seluruh Kapolsek dan Camat se-Gorut, serta 50 peserta lainnya dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Para peserta dibekali mengenai metode penanggulangan pasca bencana, baik untuk BPBD maupun para sukarelawan di setiap kecamatan yang dilanjutkan dengan penyamaan persepsi sesuai kajian kebutuhan pasca bencana.

Saat ditemui awak media, Sekda Ridwan menyampaikan kegiatan ini akan menghasilkan satu dokumen yang akan dijadikan dasar sebagai program kegiatan BPBD Gorut.

“Misalnya kita mendapatkan anggaran dari pusat atau daerah, maka kita sudah siap menjalankan program kerja itu,” jelas Ridwan.

Ridwan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Gorut saat ini tengah berusaha melakukan penanggulangan bencana itu secara cepat, khususnya pasca bencana. Ia berharap, lima tahun kedepan seluruh desa di Gorut menjadi Desa Tangguh Bencana.

“Saat ini di Gorut sudah ada 15 Desa Tangguh Bencana. Harapan kami, lima tahun kedepan 123 desa itu sudah terbentuk menjadi Desa Tangguh Bencana. Sehingga saat terjadi bencana, seluruh desa sudah siap siaga dan cepat dalam menghadapi bencana,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Gorut Nurhadi Rahim berharap, seluruh peserta workshop bisa menjadi agen BPBD dalam terkait kebutuhan pasca bencana di Gorut.

“Kami harap setelah mengikuti workshop atau bimtek ini, para peserta menjadi agen kami (BPBD) untuk menyampaikan dan meneruskan ilmu apa saja yang diterima dalam bimtek ini kepada seluruh masyarakat terdekat di lingkungannya masing-masing,” ungkap Nurhadi.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top