Kabupaten Bandung Kaji Banding Penanganan Stunting di Kabgor - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Kabupaten Bandung Kaji Banding Penanganan Stunting di Kabgor

Republikpos, Limboto – Kabupaten Bandung melakukan kaji banding di Kabupaten Gorontalo terkait program penurunan angka stunting. Menurut Marlan, selaku Asisten II Pemkab Bandung, Kabgor merupakan referensi dari Kementerian Kesehatan RI sebagai salah satu daerah selain Provinsi Bali yang menurunkan angka stunting dengan cepat.

“Kami sengaja datang di Kabupaten Gorontalo ini untuk melihat langsung kiat-kiat program pemerintah disini. karena dalam kurun waktu tiga tahun penurunan stunting sangat tajam,” ujar Marlan.

Marlan mengatakan pada tahun 2016, Kabupaten Bandung ditetapkan Kementerian Kesehatan masuk 100 daerah yang terkena stunting. Pemkab pun melakukan upaya program penurunan stunting di 10 Desa dan 8 Kecamatan.

“Kurang lebih ada 20 ribuan anak-anak yang terkena stunting. Kemudian kami 2018 sudah melakukan berbagai kegiatan termasuk menyusun rencana aksi daerah,” kata Marlan.

Sementara itu, Ketua pokja penanggulangan stunting Kabupaten Gorontalo, Cokro Katili menyambut baik kedatangan kunjungan tim kaji banding Kabupaten Bandung di Kabupaten Gorontalo.

Cokro mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo fokus penanganan stunting sejak tahun 2017 secara terintegrasi di lokasi stunting yakni di 7 kecamatan dan tersebar di 10 desa.

Cokro menambahkan, komitmen penanganan stunting merupakan program yang diseriusi dan termuat dalam RPJMD yang berhubungan erat dengan visi-misi pemerintah yakni menciptakan sumber daya manusia cerdas, sehat dan berkarakter dan mewujudkan pembangunan berbasis kependudukan dan lingkungan hidup.

“Komitmen inilah yang mendorong pemerintah kabupaten Gorontalo untuk mebentuk pokja penanganan stunting dan Bappeda sebagai badan perencana menggandeng kurang lebih 10 OPD, termasuk PKK dari tingkat Kabupaten hingga PKK desa,” ungkap Cokro.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top