Bupati Kabgor Beri Bantuan Kepada Lansia dan Penyandang Disabilitas di Batudaa - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Bupati Kabgor Beri Bantuan Kepada Lansia dan Penyandang Disabilitas di Batudaa

Republikpos, Limboto – Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo menyerahan bantuan asistensi lanjut usia terlantar (ASLUT), bantuan Usaha Ekonomi Produktif untuk lansia dan bantuan asistensi jaminan hidup untuk gelandangan pengemis dan pemulung (GEPENG), orang dengan disabilitas (ODD), serta bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas di Kecamatan Batudaa, Sabtu (28/9/2019) lalu.

Bupati Nelson mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat khususnya bagi lansia hingga penyandang disabilitas. Selain sebagai intervensi penurunan kemiskinan, juga pemenuhan kebutuhan masyarakat saat menghadapi musim kemarau.

Nelson berharap modal usaha tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta mampu menjamin kelangsungan hidup bagi masyarakat lansia.

“Terpenuhinya kebutuhan dasar minimal lanjut usia telantar, meningkatkan kepedulian keluarga dan masyarakat dalam pemenuhan hak-hak lanjut usia telantar,” Harap Nelson.

Bupati berjanji, pihaknya lewat Dinas Sosial Kabgor akan terus menyalurkan bantuan ini agar dapat dirasakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat di musim kemarau kali ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial diwakili Sekretaris Dinas Rita Idrus menambahkan, bantuan yang diserahkan diperuntukan untuk 320 KK se-Kecamatan Batudaa dengan rincian :

Batudaa Pantai 42 KK
Batudaa 55 KK
Tabongo 50 KK
Bongomeme 60 KK
Dungaliyo 70 KK
Biluhu 43 KK

Kepala Bidang Resos Titi Nur menambahkan, untuk bantuan kursi roda diperuntukan bagi 7 orang disabilitas. Untuk UEP lansia sebesar 2 juta per orang, aslut 750 ribu per orang, orang dengan disabilitas Rp. 1.500 per orang. Gelandangan, pengemis dan pemulung Rp. 1.500 per orang serta bantuan lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Rp. 4 juta per panti asuhan, bantuan alat bantu kursi roda untuk masyarakat Batudaa 11 buah dan tongkat 16 buah.

“Bantuan ini bukan bernilai uang namun dalam bentuk barang sesuai kebutuhan masing-masing. dan untuk penyaluran Kecamatan Boliyohuto dan Telaga akan dilaksanakan pada minggu depan termasuk bagi lansia yang produktif,” papar Titi Nur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top