Matran: Pemkab Gorut Lamban Antisipasi Dampak Kemarau - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Matran: Pemkab Gorut Lamban Antisipasi Dampak Kemarau

Republikpos, Gorut – Musim kemarau panjang yang melanda Gorontalo Utara mulai dirasakan masyarakat yang ada di Kecamatan Biau dan sekitarnya. Hal ini diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Matran lasunte. Menurut matran, petani di Kecamatan Kwandang mulai merasakan dampak kekeringan yakni pasokan air untuk mengairi lahan pertanian mereka sudah berkurang drastis.

“Kenyataan yang ada di lapangan banyak sawah yang mulai kering dan masyarakat mulai sulit untuk memenuhi kebutuhan air untuk pertanian,” ungkap Matran, Rabu (25/9/2019).

Untuk memenuhi kebutuhan air, para petani terpaksa menggunakan mesin alkon. “Mereka mencari sumber air yang cukup kemudian menghisapnya dan mengalirkan ke areal persawahan yang ada,” ujar Matran.

Namun apa yang dilakukan para petani tersebut kata Matran, tidak akan maksimal dikarenakan tidak semua areal persawahan mendapatkan pasokan air yang cukup.

“Untuk itu perlu ada intervensi pemerintah daerah untuk membantu para petani ini agar dalam menghadapi musim tanam dapat beraktivitas secara normal,” ucapnya.

Matran menilai Pemda Gorut lamban mengantisipasi dampak kemarau, Politisi PPP ini mengatakan, Pemda Gorut seharusnya dari jauh-jauh hari sudah bisa mengatisipasi kemarau dengan berbagai macam program yang bisa membantu para petani.

“Mungkin saja ada program seperti sumur tanah dangkal, pengadaan alkon di setiap desa, serta biaya perawatannya yang dapat disiapkan untuk mengantisipasi problem yang dihadapi oleh para petani setiap musim kemarau tiba,” papar Matran.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top