Sekda Gorut Serius kembangkan Itsbat Nikah Mobile - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Sekda Gorut Serius kembangkan Itsbat Nikah Mobile

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin serius menindaklanjuti program kerjasama antara pemerintah daerah, Kementerian Agama dan Pengadilan Agama Gorontalo Utara terkait Itsbat Nikah Mobile.

Saat ini itsbat nikah mobile telah dilaksanakan di dua kecamatan. Terbaru, sidang itsbat nikah di Kecamatan Tolinggula diikuti oleh sebanyak 50 pasangan suami istri (pasutri) yang sebelumnya telah diverifikasi untuk selanjutnya disahkan pernikahannya agar memiliki kekuatan hukum, Rabu (18/9/2019) kemarin.

Menurut Sekda Ridwan, itsbat nikah merupakan proyek perubahan yang ia lakukan sewaktu menjabat Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Gorontalo, beberapa waktu lalu.

“Alasan saya cuma satu, begitu banyak pasangan suami istri di Gorontalo yang belum memiliki buku nikah, atau sah perkawinannya di mata hukum dan ini masalah serius. Jadi, waktu itu di Gorontalo tercatat ada 27 ribu pasutri yang kami himpun datanya dari Kantor Dinas Capil se-Provinsi Gorontalo,” ungkap Ridwan Yasin.

Berkat proyek perubahan ini, selain mampu menekan angka pasutri yang belum memiliki buku nikah, juga turut mendapat perhatian pemerintah daerah dari luar Gorontalo. Dimana setelah proyek perubahan tersebut dipaparkan dihadapan pihak Mahkamah Agung RI, tiga daerah langsung datang melakukan studi banding.

“Jadi, itsbat nikah pertama itu di Kabupaten Bone Bolango dan di Gorut ini merupakan yang kedua. Dimana, itsbat nikah ini proyek perubahan saya sewaktu mengikuti Diklat PIM II,” paparnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top