Orasi Ilmiah Dua Pejabat Pemprov Gorontalo di LAN RI - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Orasi Ilmiah Dua Pejabat Pemprov Gorontalo di LAN RI

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Kepala Badan Penghubung Provinsi Gorontalo, Sudarman Samad bersama sejumlah staf BPPG menghadiri Orasi Ilmiah dan Pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia di Gedung Auditorium Makarti Bhakti Nagari, LAN RI Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Dua peserta asal Gorontalo yakni Anis Naki menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo” serta Irfan Ibrahim dengan judul “Pengaruh Implementasi Kebijakan Diklatpim Mo’odelo Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Pemerintah Provinsi Gorontalo”.

Irfan Ibrahim dalam orasinya menyoroti Diklatpim IV pola baru yang dilaksanakan secara parsial, ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di gorontalo. Sehingga menurut Irfan, harus dikombinasikan dengan kompotensi kepemimpinan yang berbasis dengan kearifan lokal dalam hal ini di Gorontalo memiliki kepemimpinan dengan pendekatan mo’odelo.

Irfan memaparkan, karakteristik kepemimpinan dengan pendekatan Mo’odelo antara lain:
– Membangun karakter (dudelo)
– Kemampuan perencanaan (mo’ulindhapo)
– Kolaborator (Huyula)
– Inovator (ikilale)
– Menggali potensi ( tinepo wawutombula’o).

Sementara itu, Anis Naki dalam orasinya membahas agenda rutin perkalan sebagai prasyarat untuk pengukuhan dalam jabatan fungsional Widyaiswara Ahli Utama.

“Untuk jalur JPT seperti saya dari eselon II yang mengikuti seleksi di LAN dan dinyatakan lulus, maka sesuai aturan kita sudah dilantik dan diangkat Gubernur sebagai widyaiswara ahli utama, karena ini adalah perkalan (Peraturan Kepala LAN) maka orasi ilmiah yang tidak sempat kami ikuti beberapa waktu lalu, hari ini di laksanakan sekaligus pengukuhan dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” ungkap Anis.

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top