Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie - REPUBLIKPOS.COM
News

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Prosesi pemakaman Presiden RI Ke-3 BJ habibie dimulai dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga yang diwakili putra almarhum, Thareq Kemal Habibie kepada Negara di kediaman BJ Habibie Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan.

Mewakili Negara menerima jenazah BJ Habibie, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman mengucapkan duka cita yang mendalam atas kepergian almarhum.

Dari rumah duka, Jenazah mendiang Menristek era Presiden Soehato ini kemudian dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Prosesi upacara pemakaman jenazah BJ Habibie dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

“Saya Presiden RI atas nama Negara, Bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum, Prof Ir Bacharuddin Jusuf Habibie,” ucap Jokowi.

Sejumlah tokoh nasional tampak hadir dalam proses pemakaman tersebut diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri serta tokoh-tokoh lainnya .

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB disebabkan jantung yang sudah melemah karena faktor usia. BJ Habibie sendiri dimakamkan bersebelahan dengan makam sang istri Ainun Habibie.

Saat menjadi bintang tamu di salah satu acara TV Nasional tahun 2016, Habibie mengungkapkan, awalnya ia takut meninggal dulu dan tidak bisa merawat Ainun. Namun sejak saat Ainun meninggal dunia, Habibie yakin dirinya akan disambut oleh sang istri.

“Saya takut sekali kalau saya mau mati waktu itu, kalau sekarang tidak. Karena Ainun di dimensi yang lain, saya tahu dia di kavling nomor 121 di Kalibata Taman Pahlawan, di kavling 120 kosong, tempat saya nanti,” ujar Habibie.

Pewarta: Rais Kamali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top