Gubernur Rusli Hadiri Sosialisasi Perijinan Pengelolaan Ruang Laut KKP RI - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Gubernur Rusli Hadiri Sosialisasi Perijinan Pengelolaan Ruang Laut KKP RI

Republikpos, Jakarta – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghadiri Sosialisasi Perijinan Bidang Pengelolaan Ruang Laut yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Mengangkat tema “Peluang Investasi dan Kemudahan Perijinan Laut Dalam Mewujudkan Visi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”, sosialisasi ini di helat di Gedung Mina Bahari III Kantor KKP, Rabu (11/9/2019).

Selain Gubernur yang hadir didampingi Istri Idah Syahidah Rusli Habibie, hadir juga perwakilan kedutaan besar Amerika dan jepang, para akademisi dari beberapa Universitas dan perwakilan 34 provinsi Indonesia.

Dalam sosialisasi ini sejumlah hal yang dibahas meliputi :
– Dasar Hukum izin lokasi perairan dan izin pengelolaan perairan
– Izin Lokasi Perairan
– Kewenangan
– Masa Berlaku
– Prosedur Permohonan izin lokasi perairan
– Penetapan Lokasi
– Fasilitas Perijinan
– Izin pelaksanaan reklamasi
– Izin pengelolaan perairan

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai sosialisasi ini sangat penting sebagai bentuk perlindungan pemerintah terhadap kegiatan masyarakat terutama dalan pengelolaan ruang laut.

Menurut Rusli dengan sosialisasi ini semua pihak terkait akan memahami peran pemerintah dalam mengatur perizinan untuk masyarakat lokal antara lain nelayan alat tangkap statis, budidaya ikan, petambak garam atau pengelola wisata bahari.

Gubernur menambahkan, bagi yang melakukan pemanfaatan ruang dari sebagian perairan pesisir dan pemanfaatan pulau-pulau kecil akan mendapatkan izin. Dan bisa diberikan kepada orang perseorangan, korporasi dan koperasi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Pewarta: Rais Kamali

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top