Gubernur Rusli Bakal Seleksi Penerima Bantuan BPJS   - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Gubernur Rusli Bakal Seleksi Penerima Bantuan BPJS  

Republikpos, Jakarta – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie hadir dalam konferensi pers Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris yang dilaksanakan di Ballroom Gedung IGM Brataranuh BPJS Kesehatan, Rabu (11/9/2019).

Kehadiran Gubernur Rusli dalam acara tersebut untuk menanyakan langsung kebenaran isu kenaikan iuran BPJS tersebut sekaligus ingin berbagi kebijakan terkait BPJS di Gorontalo.

Rusli menyampaikan bahwa Pemprov Gorontalo akan mendukung kebijakan kenaikan iuran BPJS tersebut, meski pemda juga harus menanggung dampaknya dengan menaikkan subsidi anggaran APBD.

“Tiga minggu lalu kami sudah mengesahkan RAPBD 2020 dan dengan adanya isu kenaikan tarif BPJS ini kami harus mencari 55 Milyar lagi. Tapi hal ini tidak mengurungkan niat untuk mendukung kebijakan tersebut karena di Gorontalo kesehatan merupakan salah satu sektor prioritas pemerintah selain pendidikan,” ungkapnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, Rusli mengaku akan menyeleksi penerima BPJS Kesehatan. “Kita siapkan kebijakan untuk menekan subsidi BPJS ini dengan adanya seleksi. Jadi dari seluruh penerima BPJS di Gorontalo sendiri kami sudah memisahkan mana yang menerima BPJS PNS, swasta dan lain-lain. Sisanya masih kami seleksi lagi dengan syarat yang kami berikan yaitu bukan perokok, bukan pengonsumsi miras, menjalankan program KB dan merupakan pendonor yang akan melibatkan pemuka agama dan dokter dalam prosesnya,” ujarnya.

“Nanti kami akan menempelkan semacam stiker untuk penerimanya, jadi biar yang mampu akan ada rasa malu kalau rumahnya ada tandanya,” lanjutnya lagi.

Hal tersebut dilakukan Gubernur agar ada rasa jera dari masyarakat dan mau menjaga kesehatannya.

“Kalau mereka mampu beli rokok untuk sebulan ratusan ribu apakah masih kesulitan membayar iuran BPJS sendiri yang tidak seberapa,” ungkapnya.

Pewarta: Larasati Widya

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top