Pemkab Gorontalo Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan Kodim - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Pemkab Gorontalo Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan Kodim

Republikpos, Limboto – Disaksikan oleh Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo dan Komandan Korem 133/Nwb Kol. Czi. Arnold A.P Ritiauw melakukan penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dan berita acara serah terima (BAST) bantuan hibah pembangunan Kodim di Kabupaten Gorontalo, di pendopo rumah dinas Bupati Gorontalo, Kamis (5/9/2019).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjend TNI Tiopan Aritonang mengapresiasi keinginan Pemkab Gorontalo dalam hal ini Bupati Nelson pomalingo untuk membangun daerah. Menurut Pangdam, Bupati Kabgor sangat respon dan berkomitmen membangun daerahnya. Demikian juga dengan keinginan besar TNI, meski sesungguhnya keinginan tersebut terbentur dengan anggaran dan lahan.

“Jika saya tidak memulai dari sekarang meminta bantuan kepada pemerintah daerah untuk lahan pembangunan Kodim atau sekolah calon bintara (Secaba), maka 10 tahun lagi akan susah mendapatkan lahan dikarenakan mahal dan tidak ada lagi,” ujar Pangdam Mayjen TNI Tiopan Aritonang

Terkait permohonan bantuan pembangunan kodim tersebut, Sejak awal Pangdam telah meminta para Danrem dan Dandim untuk membangun komunikasi dengan kepala daerah guna membentuk dan membangun serta menyiapkan lahan dalam rangka pembangunan Makodim.

“Alhamndulillah, lahan pembangunan sekitar 5 hektar, hari ini telah diserahkan oleh pak Bupati Nelson yang disertakan dengan surat berita acara serah terima. prosesnya akan dilaporkan keatasan guna ditinjau dalam pengalokasian anggarannya,” ujar Tiopan Aritonang.

Pangdam juga menambahkan jika di pusat alokasi anggaran diperebutkan dengan kodam-Kodam lainnya karena daerah lain juga besar keinginan untuk mereka membesarkan daerah.

“Kita berharap dengan diserahkan berita acara akan berpengaruh pada prosesnya demi percepatan realisasi pembangunan Kodim di Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya. Pangdam mengatakan, ia telah mengajak Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Gorontalo untuk menghadap Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

Untuk itu, dirinya mewakili Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo yang sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan Kodim guna kemajuan TNI di daerah ini. Karena kata Pangdam, TNI itu punya tiga hal yang harus dibangun, pertama adalah kekuatan, kedua kemampuan dan ketiga Profesional.

Sementara itu, Bupati Gorongtalo Nelson Pomalingo menyampaikan, sejak awal Pemkab Gorontalo sudah menyiapkan lahan pembangunan Kodim serta pembangunan Secaba di wilayah kabupaten gorontalo.

Nelson menambahkan, pembangunan Kodim ini dalam rangka mendorong sumber daya manusia khusus bidang TNI sesuai visi-misi pemerintah kabupten gorontalo dalam peningkatan SDM. Selanjutnya kata Nelson, pembangunan Kodim ini efeknya tentunya kepada masyarakat. Selain itu, dampak lainnya adalah stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah Kabupaten Gorontalo semakin aman.

“Kita ingin, wilayah provinsi Gorontalo aman,” harapnya.

Nelson menambahkan, saat ini di wilayah 19 kecamatan di kabupaten Gorontalo, Koramilnya baru lima. “Idealnya, kita berharap di setiap kecamatan ada satu Koramil,” ujar Nelson. Begitu juga dengan Kodim, tadinya di Provinsi Gorontalo baru satu, sekarang sudah ada tiga. Bahkan, menurut Nelson, Kabgor sudah ketinggalan dengan daerah lain yakni Gorut. Padahal dilihat dari segi pelayanan, penduduk lebih banyak di kabupaten Gorontalo.

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top