Buka RAT-LB Koperasi TKBM Anggrek Hijau, Ini Pesan Sekda Gorut - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Buka RAT-LB Koperasi TKBM Anggrek Hijau, Ini Pesan Sekda Gorut

Ridwan Yasin (Sekda Gorontalo Utara) saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT), koperasi TKBM Anggrek Maju.(sumber foto: arif botutihe)

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Luar Biasa (LB) Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Anggrek Maju, di Desa Putiana, Kecamatan Anggrek, Rabu (4/9/2019) kemarin.

RAT-LB ini sendiri dilaksanakan untuk merespon kebutuhan para buruh. Pasalnya, operasional Koperasi TKBM Anggrek Maju sempat vakum akibat ketua dan sekretaris koperasi ditahan pihak kepolisian dengan dugaan melakukan pungutan liar (pungli) di kawasan pelabuhan.

Sejak kasus tersebut bergulir, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Anggrek sempat vakum. Di satu sisi, kegiatan bongkar muat membutuhkan buruh. Namun, dalam pelaksanaannya harus berdasar pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam hal ini melalui koperasi.

“Koperasi ini ketuanya sudah ditahan, kemudian sekretarisnya juga sudah ditahan yang tinggal bendaharanya. Sehingga pihak Syahbandar menyampaikan kepada pemerintah provinsi, tentunya melalui pengurus yang masih tersisa, untuk segera melakukan tindaklanjut pemilihan pengurus koperasi yang baru,” papar Sekda Ridwan.

Sementara itu, dalam pelaksanaan RAT-LB ini sesuai mekanisme yang ada, rapat harus dihadiri minimal 1/5 dari total anggota. Dimana, jumlah anggota koperasi TKBM ada sekitar 200 orang.

“Nah, tadi (kemarin) yang hadir ada 116, berarti sudah lebih dari 1/5, sehingga sudah memenuhi kuorum untuk melaksanakan RAT luar biasa,” ungkapnya.

RAT-LB ini turut dihadiri pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo, Pengawas dari TKBM dan masyarakat yang tergabung didalam anggota koperasi.

Pewarta: Matris Salim

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top