Wabup Gorut Jadi Khatib Shalat Idul Adha - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Wabup Gorut Jadi Khatib Shalat Idul Adha

Thariq Modanggu (Wakil Bupati Gorontalo Utara) saat menjadi Khatib usai pelaksanaan sholat Idul Adha.

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, didaulat menjadi Khatib pada pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019 di Mesjid Agung Baiturahim, Desa Moluo Kecamatan Kwandang, Minggu (11/8/2019) kemarin.

Prosesi Shalat Idul Adha sendiri dimulai dengan penyambutan secara adat sebelum pelaksanaan Shalat yang dimulai pukul 07.00 wita. Shalat Idul Adha ini juga dihadiri Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Ketua PKK Gorut, para asisten, pimpinan OPD dan masyarakat sekitar.

Wabup Thariq dalam khutbahnya mengajak seluruh masyarakat umat Islam di Gorontalo Utara untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan kepada Allah SWT seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Ibrahim yang merelakan Anak kesayangannya Nabi Ismail untuk disembelih sebagai wujud ketaqwaan atas perintah Allah SWT.

“Momentum pelaksanaan Shalat Idul Adha ini marilah kita maknai sebagai bentuk pengorbanan kepada Allah SWT, baik dalam meningkatkan Ketakwaan, keimanan juga menjalankan perintah serta menjauhi larangan-NYA,” ungkap Wabup.

Thariq menambahkan ada 6 hal yang perlu dimaknai dalam pelaksanaan Idul Adha. “Pertama, Idul Adha terkadang menjadi cobaan untuk menguji Manusia yang mencintai Harta dari pada Mematuhi Perintah Allah. Kedua, maknai Idul Adha dengan mengorbankan Harta kita untuk kepentingan agama. Ketiga, berkurban hewan menjadi syarat kita untuk mengorbankan juga sifat Hewani. keempat, berkurban mengingatkan kita untuk tidak mementingkan kepentingan sendiri dari pada kepentingan orang banyak. Kelima, ujian dari Allah menyadarkan kita agar senatiasa berada di jalan Allah. Agar kita tidak menggadaikan Masa depan dengan tidak merampas hak orang lain demi kenikmatan pribadi. Dan keenam, kemajuan dan kemaslahatan bersama akan terwujud apabila kita yang diberikan amanat untuk mengelola daerah, dapat menjadi aparatur yang mengabdi kepada masyarakat dan negara dengan memberikan yang terbaik dalam pengabdian kita,” jelas Thariq.

Tak lupa juga Wabup Thariq mengucapkan Minal aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat Umat Islam yang ada di Kabupaten Gorut.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top