Sidak di Kecamatan Sumalata, Wabup Thariq Temukan Ini - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sidak di Kecamatan Sumalata, Wabup Thariq Temukan Ini

Thariq Modanggu (Wakil Bupati Gorontalo Utara) Saat melihat kondisi jembatan darurat di desa Pulahenti.
alterntif text

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di wilayah Kecamatan Sumalata, Selasa (6/8/2019) kemarin. Wabup Thariq mengaku prihatin dengan kondisi jembatan di Desa Pulahenti. Desa Pulahenti adalah salah desa terpencil di Kecamatan Sumalata yang berpenduduk kurang lebih 705 jiwa.

Thariq mengaku kondisi dua dari tiga jembatan penghubung di desa tersebut membahayakan para pengguna jalan yang melintas. Pasalnya, kedua jembatan tersebut dalam kondisi rusak sejak dibangun melalui APBD Gorut tahun 2013 lalu. Saat ini kedua jembatan hanya dibangun darurat oleh masyarakat setempat dengan menggunakan batang pohon kelapa.

“Saya meminta pihak Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menganggarkan pada tahun 2020 mendatang, setidaknya dari jembatan kayu, karena konstruksi jembatan saat ini hanya terbuat dari batang pohon kelapa,” ungkap Wabup.

Menurut Thariq, kondisi ini telah disampaikan kepala desa dan masyarakat agar menjadi pemerintah daerah. “Memang jalanan di wilayah tersebut belum di aspal, tapi yang paling penting bagi mereka adalah jembatan, apalagi banyak keluhan dari guru-guru yang harus melewati jembatan itu termasuk ibu-ibu yang khawatir tergelincir karena hanya menggunakan batang pohon kelapa,” kata Wabup.

Selain melakukan sidak ke Desa Pulahenti, Wabup Thariq juga mengunjungi empat desa lainnya di Kecamatan Sumalata, yakni Desa Mebongo, Desa Bulontio Timur, Desa Bulontio Barat dan Desa Hutokalo. Sidak ini dilakukan untuk melihat lebih dekat fungsi pelayanan yang dijalankan pemerintah desa, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), termasuk pengelolaan dana desa dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top