Proyek Investasi Hijau Gula Kelapa dan Aren Hadir di Kabgor - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Proyek Investasi Hijau Gula Kelapa dan Aren Hadir di Kabgor

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) menyoroti persoalan harga kelapa khususnya kopra yang anjlok hampir setahun lebih tanpa ada tanda-tanda perbaikan. Luas kebun kelapa cenderung turun tiap tahunnya dan industri kelapa makin tertinggal dengan negara lain. Hal tersebut terungkap KOPEK menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Acacia Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Sebagai negara agraris, Indonesia kaya akan berbagai komoditas pertanian yang memiliki potensi besar, salah satunya adalah kelapa yang dapat menghasilkan berbagai produk turunan seperti gula kelapa dan aren. Produktifitas komoditas tersebut akan terus ditingkatkan melalui kemitraan berbagai organisasi dan perusahaan yang memiliki komitmen terhadap pertumbuhan berkelanjutan.

Nelson Pomalingo Ketua Umum KOPEK yang juga Bupati Kabupaten Gorontalo mengapresiasi semua pihak yang hadir dalam FGD tersebut. Nelson mengungkapkan, dalam FGD ini, pihak Unilever Indonesia, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF), dan Daemeter menandatangani nota kesepahaman Proyek Investasi Hijau Gula Kelapa dan Aren.

alterntif text

“Setiap daerah tentu memiliki potensi masing-masing yang perlu dikembangkan. Dalam hal ini, kelapa genjah merupakan komoditas yang kami nilai patut dikembangkan serta diberdayakan. Melalui kerja sama ini, diharapkan tidak hanya pengembangan potensi daerah yang semakin meningkat tetapi juga kesejahteraan dari masyarakat,” ujar Bupati Nelson.

Nelson mencontohkan, produk Bango dari Unilever dikenal menggunakan gula kelapa sebagai salah satu bahan bakunya. Sehingga diharapkan para kelompok tani penghasil gula kelapa dan gula aren mampu menjadi pemasok bahan baku yang berkelanjutan.

Dalam MoU tersebut tertuang sejumlah kerjasama antara lain:
-Revitalisasi kelapa karena umur kelapa yang sudah tua
-Pengembangan Home industri yg berhubungan dengan kelapa
-Bagaimana hasil home industri dari kelapa  ini wajib di gunakan dan ini akan dibuat kebijakan agar pasarannya jelas.
-Kolaborasi dengan konsultan ini penting agar para pengusaha mengenal dengan baik apa yang di inginkan pasar.

Pewarta: Rais Kamali

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top