Pemda Gorut Jajaki Pembangunan MAN Insan Cendekia - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Pemda Gorut Jajaki Pembangunan MAN Insan Cendekia

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mendukung penuh pengembangan bidang pendidikan keagamaan khususnya pendidikan Agama Islam di Kabupaten Gorontalo Utara. Hal tersebut terungkap saat melakukan rapat bersama Kementerian Agama Gorut guna membahas agenda strategis terkait pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorut, bertempat di rumah jabatan Wakil Bupati Gorut, Jumat (2/8/2019).

“Menurut Perpres Nomor 11 tahun 2017 sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), maka sangat tepat di Gorontalo Utara ini dibangun MAN Insan Cendekia atau IC seperti yang ada di Serpong, Bone Bolango, Bandung dan daerah lainnya,” ujar Wabup Thariq.

Menurut Thariq, mempertimbangkan kondisi geografis Gorontalo Utara yang mengcover beberapa daerah, termasuk kerjasama Utara-Utara BKSU bidang pendidikan, dimana selama ini baru di bidang peternakan dan perikanan, maka pihaknya mendorong juga di bidang pendidikan dengan mendirikan MAN Insan Cendekia di Gorontalo Utara.

“Dalam waktu dekat ini saya akan melaporkan hasil pertemuan ini kepada Pak Bupati, juga teman-teman dari Kementerian Agama akan menghubungi Kanwil Kementerian Agama Gorontalo untuk menyiapkan MoU kerjasama pendirian MAN IC di Gorontalo Utara. Kita hanya menyiapkan lahan, sementara pembangunannya full disediakan oleh Kementerian Agama,” ungkap Thariq.

Kehadiran MAN IC kata Thariq, tentu secara efek sosial ekonomi sangat luar biasa manfaatnya. Misalnya dari sisi sosial keagamaan, Gorut terbuka di pesisir utara sebagai perlintasan barang dan jasa yang paling aktif di Utara Sulawesi. Maka dari itu, Gorut juga harus menyiapkan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan, baik dalam rangka penyiapan SDM di bidang keagamaan, juga atmosfer keagamaan.

“Untuk aspek ekonomi, jika kita mendapatkan fasilitas dari pusat seperti ini, pasti akan memberi efek ekonomi. Pertama dari sisi pembangunan, yang kedua dari sisi kehadiran para siswa yang akan berasal dari berbagai daerah di belahan Utara Sulawesi, sehingga ini akan memberi dampak ekonomi yang luar biasa,” kata Wabup.

“Karena itu, kami mendorong bahwa program ini akan masuk pada RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) yang sedang disusun. Sehingga pembangunannya, betul-betul bagi pemerintah pusat masuk dalam perencanaan,” ujar Thariq.

Pewarta: Matris Salim

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top