Master Plan Kawasan terpadu Disusun, Ini Kata Wabup - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Master Plan Kawasan terpadu Disusun, Ini Kata Wabup

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu berharap master plan pembangunan kawasan budidaya terpadu Kabupaten Gorontalo Utara yang telah diseminarkan, tidak hanya menjadi dokumen yang memenuhi syarat administratif, syarat keuangan, tapi benar-benar bisa dimanfaatkan.

Hal tersebut disampaikan Wabup Thariq, usai membuka kegiatan seminar akhir penyusunan dokumen master plan pembangunan kawasan terpadu kabupaten Gorut, di ruang rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gorut, Kamis (1/8/2019).

“Karena ini harus dimanfaatkan, maka harus berbasis kondisi ril,” kata Wabup. Menurut Thariq, di wilayah Sumalata, Tolinggula dan Biau, bukan hanya aspek geografis atau penampakan, tapi sebenarnya ada aspek yang paling penting, yaitu aspek historis.

“Jadi, disitu ada pertambangan emas, situs pertambangan, pemakaman Belanda, pulau emas, Desa Windu dan Desa Didingga. Nah, itu antara lain yang harus harus diexplore dari sisi historis dan sisi kebudayaan, termasuk pengembangan potensinya,” ungkap Thariq.

Dengan begitu kata Thariq, dokumen tersebut benar-benar menjadi rujukan bagi daerah dan setiap desa yang ada untuk pengembangan pembangunan kawasan budidaya terpadu.

“Nanti tinggal dipilah, mana program yang diambil oleh daerah dan mana yang cukup dengan dana desa, sehingga benar-benar master plan ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat, dengan mempertimbangkan tiga hal, yaitu, ekonomi, kaitannya dengan pendapatan masyarakat, termasuk pengurangan tenaga kerja dan kemiskinan. Lalu aspek sosial, yaitu keadilan, jangan sampai menciptakan ketidakadilan di masyarakat, karena itu akan jadi biang keladi dari problem yang ada. Dan terakhir, ekologi atau lingkungan harus memenuhi satu syarat, yaitu syarat sustainable atau berkelanjutan,” papar Wabup Thariq.

Pewarta: Matris Salim

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top