Promosikan Objek Wisata, Gorut Bakal Gelar Event Tahunan - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Promosikan Objek Wisata, Gorut Bakal Gelar Event Tahunan

Thariq Modanggu (Wakil Bupati Gorontalo Utara) saat berbincang bersama wisatawan asing di pulau saronde.

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara terus mengembangkan potensi wisata di pulau Saronde menjadi kawasan destinasi periwisata yang memiliki nilai jual kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Pemkab Gorut bekerjasama investor bahkan mendorong pulau Saronde sebagai kawasan wisata dan tujuan wisata nasional. Kementerian Pariwisata pun telah menetapkan pulau Saronde sebagai rute dan persinggiahan kapal-kapal pesiar sejak 2016 hingga saat ini.

“Oleh karena itu pemerintah daerah sudah bekerjasama dengan pihak investor untuk mengembangkan pulau Saronde sehingga menjadi kawasan wisata terlengkap yang memiliki keindahan laut dan kenyamanan sebagai tujuan wisatawan terbesar di Provinsi Gorontalo,” ujar Wabup Thariq.

Pulau Saronde merupakan bagian dari kebanggaan masyarakat Gorontalo Utara secara umum dan tentunya yang paling utama adalah kehadiran wisatawan di pulau Saronde ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

“Dengan pengelolaan profesional, pulau Saronde menjadi pilihan wisata yang paling tepat karena didukung dengan pesona keindahan pantai dan memiliki biota laut yang beragam”, kata Thariq usai mengikuti kegiatan pelatihan Diving di Saronde belum lama ini.

Wabup Thariq menyampaikan untuk mendukung pariwisata di Gorontalo Utara, pemda terus membangun sejumlah potensi wisata lainnya termasuk memberikan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, serta memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku usaha kecil menengah khususnya pembuat kerajinan khas Gorontalo Utara.

Selain membangun infrastruktur pemerintah daerah bersama pihak swasta dan sponsor. Rencananya akan digelar berbagai event dan lomba seperti festival Pesona Saronde secara rutin setiap tahunnya. Mandi safar dan Festival Wisata Bahari di pantai Minanga dan Pantai Monano juga akan dihelat guna mendukung promosi pariwisata di Gorontalo Utara.

“Selain pulau Saronde juga ada potensi lain pariwisata bahari yang bisa dikembangkan diantaranya pulau Raja, pulau Lampu, pantai Minanga, Monano, Pulau Diyonumo dan masih banyak lagi daerah-daerah wisata yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Dan potensi wisata lainnya ini akan mendukung terciptanya Gorontalo Utara sebagai daerah wisata di Provinsi Gorontalo. Untuk menunjang dan menarik wisatawan pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara juga melibatkan masyarakat secara langsung dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan pengunjung, termasuk mempromosikan budaya dan adat istiadat masyarakat kepada pengunjung. Dengan demikian budaya lokal yang tumbuh di masyarakat akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya para wisatawan mancanegara,” imbuh Wabup Thariq.

Pewarta: Matris Salim

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top