Komisi III Tindaklanjuti Sengketa Lahan di Labuang - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Komisi III Tindaklanjuti Sengketa Lahan di Labuang

Rahmat Lamadji (Anggota DPRD Gorontalo Utara) saat melakukan kunjungan ke PLTU Tomilito belum lama ini.

Republikpos, Gorut – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) melakukan kunjungan lapangan untuk menindaklanjuti persoalan lahan yang ada di Dusun Labuang, Desa Mutiara Laut, Kecamatan Tomilito belum lama ini.

Rahmat Lamadji selaku Ketua Komisi III mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat langsung lahan yang menjadi objek sengketa keluarga Zakaria dengan pihak lainnya.

“Awalnya kedua keluarga yang saling mengklaim hak kepemilikan lahan tersebut telah kami undang secara terpisah untuk dimintai keterangan masing-masing bersama juga dengan pihak terkait lainnya seperti pemerintah kecamatan dan juga pihak perusahaan yang telah melakukan sebagian pembayaran atas lahan tersebut,” ungkap Rahmat.

Sebelumnya, Komisi III menilai lahan yang disengketakan tersebut merupakan lahan yang sama atau berada di tempat yang berlainan. “Namun setelah ke lapangan, ternyata lahan yang disengketakan tersebut merupakan lahan yang sama dan diklaim milik masing-masing,” ujar Rahmat.

Rencananya kata Rahmat, pihaknya masih akan melakukan pertemuan dengan masing-masing keluarga yang merasa memiliki hak atas lahan tersebut.

“Pada dasarnya kami di DPRD bukan dalam ranah memutuskan lahan tersebut milik siapa, kami akan bermusyawarah untuk mencari jalan keluar atas persoalan tersebut,” tegasnya.

Rahmat menegaskan langkah yang diambil Komisi III memerlukan proses dan kajian, agar nantinya dalam mengambil sebuah keputusan tidak merugikan pihak manapun juga.

“Untuk persoalan lahan seperti ini banyak diaspirasikan ke kami di DPRD dan itu juga sementara kami proses. Untuk itu, diharapkan kepada semua pihak yang berkepentingan untuk bersabar menunggu proses yang tengah berjalan,” harapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top