Dewan Minta OPD Tindaklanjuti Temuan BPK - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Dewan Minta OPD Tindaklanjuti Temuan BPK

Republikpos, Gorut – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Djafar Ismail meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat memperhatikan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan pengelolaan keuangan daerah. Hal tersebut diutarakan Djafar usai pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) LPJ Pelaksanaan APBD Kabupaten Gorut tahun 2018.

Djafar mengungkapkan, Salah satu yang menjadi perhatian dalam pembahasan tersebut yakni terkait dengan catatan BPK. “Kami berharap apa yang menjadi catatan BPK terkait dengan pengelolaan keuangan diharapkan mendapatkan perhatian dari OPD terkait, dalam hal ini harus ada tindaklanjut dari catatan tersebut,” ungkap Djafar.

Catatan yang diperoleh dari BPK kata Djafar, perlu komitmen dari para OPD. “Yang dibutuhkan adalah komitmen untuk mengimplementasikan apa yang menjadi catatan tersebut bukan hanya komitmen awal, namun tindakan nyata selanjutnya,” kata penasehat Fraksi PDIP tersebut.

Selain itu, Djafar juga menyoroti terkait investasi pariwisata yang ada di pulau Saronde. Menurut Djafar, pengelolaan Pulau Saronde oleh investor telah dibuatkan rekomendasi oleh DPRD kepada pemerintah daerah untuk meninjau kembali pengelolaan Pulau Saronde tersebut.

“Hingga saat ini, rekomendasi DPRD tidak mendapatkan tanggapan ataupun tindak lanjut dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Rencananya, Djafar akan mengundang para OPD terkait terutama yang memiliki catatan dari BPK, untuk dimintai penjelasan terkait dengan apa yang telah mereka lakukan terhadap catatan BPK tersebut.

“Upaya yang nantinya akan dilakukan sangat penting, agar kedepan catatan BPK tersebut tidak ada lagi atau diminimalisir,” harapnya.

Terkait rekomendasi investasi pulau Saronde, pihaknya berjanji akan meminta keterangan apa yang telah dilaksanakan dan apa tindakan yang telah dilakukan.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top