Bupati Instruksikan OPD Kurangi Angka kemiskinan  - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Bupati Instruksikan OPD Kurangi Angka kemiskinan 

alterntif text

Republikpos, Gorut – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menginstruksikan kepada seluruh OPD, dinas maupun badan di lingkup Pemkab Gorut untuk memaksimalkan program penanggulangan kemiskinan. Bupati mengajak OPD untuk duduk bersama merumuskan penanggulangan kemiskinan agar cepat menurun.

Menurut Bupati, masalah kemiskinan bukan lagi hanya persoalan daerah akan tetapi nasional dan bahkan internasional. “Ada dua hal penting ketika berbicara penanggulangan kemiskinan, yakni bagaimana mengurangi beban masyarakat dan bagaimana mencarikan pekerjaan bagi masyarakat,” ujarnya.

Sejak berdiri 2007, angka kemiskinan di Gorontalo Utara (Gorut) kurang lebih 32 persen. Namun kini angka kemiskinan berada pada posisi 18 persen lebih.

“Untuk mengurangi beban masyarakat, kita sudah melakukan program intervensi pemerintah, seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis,” ungkap Indra.

Terkait lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Bupati Indra mengatakan hal konkrit yang dilakukan pemerintah, adalah dengan mendatangkan investasi.

alterntif text

“Dengan hadirnya investasi disini (Gorut), berarti membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat. masyarakat mendapat pekerjaan artinya menekan pengangguran. Sehingga dengan sendirinya kemiskinan akan menurun,” kata Bupati.

Bupati Indra menambahkan, 10 program gratis telah ada dan tetap jalan dalam rangka mengurangi beban masyarakat. “Saat ini pemerintah mengupayakan bagaimana mendatangkan investasi masuk di Gorontalo Utara. Sehingga pendapatan daerah bisa bertambah, masyarakat pun bisa mendapatkan pekerjaan dan dengan sendirinya ikut mengurangi angka pengangguran di daerah ini,” tutur Indra.

Indra mencontohkan program Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa berjalan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang punya usaha kecil dan menengah.

“Saya minta semua OPD harus fokus dan membuat peluang dan menganggarkan program dalam rangka menurunkan angka kemiskinan,” terang Indra.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top