Wabup Minta OPD Berkontribusi Turunkan Angka Kemiskinan - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Wabup Minta OPD Berkontribusi Turunkan Angka Kemiskinan

Thariq Modanggu (Wakil Bupati Gorontalo Utara) Saat memberikan Pemaparan Program IQRA dalam rangka mengurangi Angka Kemiskinan di daerah.

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) membuka acara  Peningkatan Kapasitas dan Rapat Koordinasi TKPKD di  Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Gorut, Selasa (9/7/2019) kemarin yang dihadiri seluruh tim TKPKD Gorut, kelompok kerja, tokoh masyarakat dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemda Gorut.

Dalam pemaparannya Wabup thariq menjelaskan bahwa permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan bersama dari tingkat nasional sampai daerah, olehnya itu setiap OPD berperan dalam mengintervensi penurunan angka kemiskinan.

“Ini tugas kita bersama, berhasil tidaknya program pemerintahan IQRA kedepann, tergantung dari kinerja para OPD dalam menjabarkan realisasi program di lapangan,” ungkap Thariq.

Wabup menjelaskan bahwa TKPKD mempunyai target yang jelas dan strategi serta prinsip untuk menurunkan angka kemiskinan. Penanggulangan kemiskinan harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan berbagai pihak yang ada di masyarakat. Strategi dari penanggulangan kemiskinan ini merupakan output dari TKPKD yang harus diuji dan dievaluasi secara berkesinambungan.

Thariq juga mengajak peserta untuk meningkatkan kepedulian, semangat dan menjadikan pekerjaan sebagai ladang amal. Menurutnya, Pemerintah sudah berupaya untuk menuntaskan kemiskinan dengan cara penguatan lembaga masyarakat dan penguatan permodalan masyarakat seperti pemberian beasiswa dan raskin yang dialokasikan dari APBN dan APBD.

“Data penerima raskin diusahakan sudah final berdasarkan basis data terpadu dan dikoreksi langsung oleh masyarakat untuk mengetahui siapa yang berhak sebagai penerima raskin, begitu juga dengan akses sanitasi dan air bersih untuk masyarakat miskin. Upaya selanjutya adalah penguatan UMKM dengan cara mengadakan pelatihan, penguatan permodalan dan promosi. Sejalan dengan hal ini, produktivitas masyarakat harus ditingkatkan karena pada hakekatnya tidak ada masyarakat yang miskin akan tetapi malas,” tegas Wabup Thariq.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top