Pemkab Gorut Awasi Ketat Penyaluran BPNT - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Pemkab Gorut Awasi Ketat Penyaluran BPNT

alterntif text

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin menegaskan akan terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap penyaluran BPNT. Hal tersebut disampaikan saat membuka sosialisasi BPNT tingkat Kabupaten Gorut tahun 2019 di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut, Selasa (9/7/2019) kemarin.

Ridwan yang juga ketua tim koordinasi (tikor) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Gorontalo Utara mengatakan bantuan sosial (bansos) seperti ini, memiliki potensi pelanggaran hukum yang sangat besar jika terjadi permainan di lapangan.

“Meskipun sudah menggunakan sistem gesek dan sebagainya, tapi kualitas barang harus kita jaga. Misalnya, barang yang harusnya diterima dengan standar beras premium, namun ternyata hanya beras yang dibawah standar, ini yang menjadi perhatian kami selaku tikor dalam melakukan pengawasan, agar jangan ada permainan di lapangan,” jelas Ridwan.

Sementara itu terkait dengan sosialisasi BNPT tersebut, Plt Kadis Sosial Felmy Amu menjelaskan bahwa sebelumnya Bansos yang masih berbentuk Rastra (beras sejahtera), sekarang dialihkan menjadi BPNT.

“Jadi masyarakat penerima manfaat itu tidak lagi menerima dalam bentuk beras, tapi menerima dalam bentuk non tunai, yakni dengan menggesekkan kartu, nanti direncanakan sekitar bulan Agustus untuk penyaluran kartu dan sekaligus untuk penerimaan dari bantuan non tunai tersebut,” ungkap Felmy.

Untuk tata cara menggeseknya, Felmy mengungkapkan pihak Bank Mandiri selaku penyalur akan mendatangi penyalur-penyalur atau E-Warung, sehingga masyarakat penerima telah ditentukan untuk datang di E-Warung yang telah ditetapkan.

“Jadi cara menggeseknya pihak dari bank yang nantinya akan memandu. Dan pembeliannya dilakukan setiap sebulan sekali,” jelasnya. Sosialisasi tersebut merupakan kerjasama antara Pemda Gorut melalui Dinas Sosial bersama Bank Indonesia Cabang Gorontalo, serta Bank Mandiri selaku penyalur bantuan.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top