Serius Kelola Danau Teratai, Pemprov Lakukan Ini - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Serius Kelola Danau Teratai, Pemprov Lakukan Ini

alterntif text

Republikpos, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama para pimpinan OPD mengunjungi Danau Teratai di Desa Pontolo, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Sabtu (6/7/2019). Danau Teratai ini memiliki luas 34,4 Ha dengan panjang garis lingkar 2.677 meter persegi.

Danau yang telah dipenuhi oleh tumbuhan teratai itu mendapat perhatian serius dari Gubernur setelah sebelumnya Danau Perintis yang berada di Bone Bolango.

“Saya dapat laporan danau ini sudah terlalu banyak ditumbuhi teratai hingga mengakibatkan banjir. Tingkat ketinggian air juga memprihatinkan,” ujar Gubernur Rusli.

Gubernur berencana akan menganggarkan pembersihan awal danau tersebut pada tahun ini. Sehingga danau bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata, pengembangan ikan air tawar sekaligus mencegah banjir ujar Rusli.

Sementara itu, Kadis PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo mengatakan langkah yang akan diambil oleh pemerintah Provinsi Gorontalo adalah memastikan status danau dan juga studi kelayakan.

“Langkah awal kita tindak lanjuti dengan mencari status danau ini. Juga akan dilakukan pembersihan danau sehingga airnya akan kelihatan lagi dan terakhir studi kelayakan agar nanti kita tahu tindakan strategis apa yang akan kita lakukan di danau ini,” ungkap Handoyo.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top