Cegah Penyalahgunaan Obat Lewat Gema Cermat - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Cegah Penyalahgunaan Obat Lewat Gema Cermat

Republikpos, Pohuwato – Resistansi dan penyalahgunaan Obat terjadi akibat kurangnya pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan Obat dengan aman dan benar. Masyarakat perlu diedukasi dan diberikan informasi yang cukup mengenai penggunaan obat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento saat membuka Sosialisasi dan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Optimalisasi Agent of Change (AoC) Dalam Rangka Mendukung Germas di Kabupaten Pohuwato, yang bertempat di di Hotel Grand Permai Marisa, Kamis (4/7/2019).

Menurut Sekda Djoni, dari data yang di rilis Kementerian Kesehatan, lebih 60 persen masyarakat Indonesia cenderung mengkonsumsi obat tanpa petunjuk tenaga kesehatan.

“Penggunaan obat oleh masyarakat melalui tenaga kesehatan persentasenya kecil dibandingkan tidak melalui tenaga kesehatan, yaitu lebih 60 persen. Apabila tidak diberi pemahaman akan memberikan masalah kepada masyarakat itu sendiri,” ungkap Djoni.

Djoni berharap melalui Gema Cermat ini, Dinas Kesehatan dengan Ikatan Apoteker Indonesia bisa lebih gencar mensosialisasikan pencegahan penyalahgunaan obat di masyarakat.

“Pelatihan Gema Cermat diharapkan menunjang kinerja tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat, utamanya memberikan pemahaman kepada masyarakat cerdas menggunakan obat,” kata Sekda.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top