PIP Makassar Latih 600 Nelayan Gorut  - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

PIP Makassar Latih 600 Nelayan Gorut 

Ridwan Yasin (Sekda Gorontalo Utara) Saat Menghadiri Penandatanganan MoU peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Nelayan.

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mendapat jatah sertifikasi 600 nelayan lewat pendidikan dan pelatihan (Diklat) kerjasama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara pemerintah daerah, diwakili Sekda Ridwan Yasin, Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran, Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo dan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas III Pelabuhan Gorontalo, di ruang rapat kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas III Pelabuhan Gorontalo, Senin (1/7/2019) kemarin.

Sekda Ridwan Yasin mengaku dipercayanya Gorut dalam kerjasama ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Kabupaten Gorut merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Gorontalo yang mendapat perhatian khusus dari PIP Makassar.

“Nelayan kita akan mendapatkan sertifikasi untuk melaut, sebanyak 600 nelayan akan mendapatkan pendidikan pelatihan melaut dari PIP,” ungkap Sekda.

Menurut Sekda, program kerjasama Diklat hingga sertifikasi bagi nelayan ini dibagi ke semua kabupaten/kota di provinsi Gorontalo. Namun, Pemkab Gorut terlebih dahulu merespon hal ini dengan harapan agar kuota 600 nelayan penerima sertifikasi semuanya diprioritaskan dari Gorut.

“Manfaatnya kepada nelayan-nelayan di Gorut adalah kebebasan melaut sudah terjamin. Kemudian, sertifikasi ini menjadi salah satu syarat para nelayan untuk mendapatkan bantuan. Seperti mesin tempel perahu dan fasilitas lainnya yang akan menunjang kegiatan melaut,” ujar Ridwan Yasin.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top