Lukum: Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Lukum: Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM

alterntif text

Republikpos, Gorut – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Lukum Diko berharap dana desa yang dialokasikan tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa saja, melainkan dapat digunakan pula untuk menunjang program inovasi desa dan segala hal yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia.

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan keahlian melalui dana desa, sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pemerataan pembangunan di desa termasuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait layanan publik seperti kesehatan. Hal tersebut diutarakan Lukum dihadarap para fasilitator serta perangkat desa dan BPMDes dalam rapat bersama Komisi III DPRD Gorut.

Adanya usulan sejumlah desa untuk memberikan beasiswa khusus kepada pelajar untuk disekolahkan di fakultas kedokteran menurut Lukum harus disikapi dan menjadi perhatian bersama.

“Inisiatif tersebut pada dasarnya mendapat sambutan positif dari desa, namun pada kesempatan ini kita membahas secara bersama dari sisi regulasi, apakah dana desa dapat dimanfaatkan untuk program peningkatan SDM,” kata Lukum.

Menurut legislator Golkar tersebut, selain dana desa dari pusat, ada juga dana desa yang bersumber sari APBD. Tidak hanya itu saja, ada juga penyertaan modal untuk BUMDes.

“Anggaran yang akan digunakan untuk peningkatan SDM dapat saja digunakan dari dua sumber anggaran tersebut,” ungkap Lukum.

Lukum berharap inisiasi pemberdayaan SDM lewat dana desa dapat menjadi perhatian bersama. Semoga kedepan usulan ini terus digodok agar nantinya dapat terwujud dalam sebuah program nyata.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top