Rektor UMGo Jadi Pemateri LKMM Tingkat Nasional - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Rektor UMGo Jadi Pemateri LKMM Tingkat Nasional

Republikpos, Jember – Revolusi industri telah menciptakan sejumlah teknologi digital di sektor kesehatan yaitu teknologi yang membantu mengambil keputusan lewat artifisial teknologi, teknologi untuk membantu pelayanan lewat big data analisis dan teknologi untuk pengobatan lewat telemedicine.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S, saat menjadi narasumber pada kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM), Tingkat lanjut Nasional tahun 2019 di Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ) Jawa Timur dengan tema “Membentuk Kader Persyarikatan, Umat Dan Bangsa Di Era Industri 4.0” yang berlangsung di Hotel Royal Sumbersasi 27 hingga 29 Juni 2019.

Dalam paparan materi berjudul permasalahan, kemajuan, tantangan dan prospek bidang kesehatan Indonesia di era revolusi industri 4.0., Rektor UMGo mengatakan kemajuan teknologi saat ini akan berdampak pada berkurangnya kebutuhan terhadap sumber daya manusia. Namun dirinya meminta kepada para mahasiswa peserta pelatihan agar tidak perlu khawatir. Menurut Isman, meski saat ini diciptakan kecerdasan buatan, namun tetap memiliki keterbatasan.

“Manusia terdiri atas bio-psiko-sosio-spiritual, sehingga pendekatan kepada pasien tetap mengedepankan empat aspek tersebut,” ungkapnya.

Isman menambahkan, teknologi kesehatan saat ini baru memanfaatkan pendekatan biologis. Olehnya itu ia berharap kepada para mahasiswa sebagai agent of change agar mengikuti pola kepemimpinan Nabi Muhammad yang berlandaskan kecerdasan prophetik yaitu tidak hanya mengandalkan fathonah (kecerdasan intelektual), tetapi juga Siddiq (kecerdasan spiritual), amanah (kecerdasan emosional) dan tabligh (kecerdasan sosial).

Rektor UMGo tersebut menegaskan, jika Jepang sudah memperkenalkan revolusi sosial 5.0, maka sudah saatnya Indonesia mengembangkan  revolusi prophetic 6.0 yaitu revolusi yang berbasis 4 kepemimpinan nabi dibingkai 6 rukun iman.

“Insya allah hal ini akan berdampak pada kemaslahatan manusia tidak hanya di dunia tetapi berdimensi akherat,” tegas Isman.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top