Dewan Minta Eksekutif Terbitkan Perbup - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Dewan Minta Eksekutif Terbitkan Perbup

Republikpos, Gorut – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara diminta untuk segera menebitkan Peraturan Bupati (Perbup) terhadap Peraturan daerah (Perda) yang sudah disahkan oleh DPRD. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bagian dari tindak lanjut dan penjabaran oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar Perda tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan R. Arbie.

“Setiap Perda yang ditetapkan harus dijabarkan lewat Perbup agar pelaksanaan Perda tersebut bisa maksimal,” ujar Ridwan.

Ridwan mengingatkan bahwa proses lahirnya Perda hingga disahkan, tentu ada biaya yang dikeluarkan selain waktu dan tenaga serta pikiran yang digunakan agar produk hukum tersebut benar-benar berkualitas.

“Jika tidak dijabarkan dengan maksimal akan menjadi kerugian bagi daerah, karena telah mengeluarkan anggaran yang besar untuk penghasilan sebuah Perda,” ungkap Ridwan.

Ridwan bersama koleganya di Bapemperda akan melakukan evaluasi  terhadap seluruh Perda yang telah disahkan, termasuk sejauh mana penerapannya di lapangan.

“Tentunya kami berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berperan aktif dalam penerapan Perda yang telah disahkan tersebut, kami juga akan komunikasikan dan koordinasikan dengan pihak terkait hal ini,” tegasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top