Sekda: Arsip Tulang Punggung Kegiatan Pemerintah - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sekda: Arsip Tulang Punggung Kegiatan Pemerintah

Ridwan Yasin (Sekda Gorontalo Utara) saat membuka Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis Di Manado.

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara (Sekda Gorut) Ridwan Yasin mengatakan bahwa arsip merupakan tulang punggung dari berbagai kegiatan pemerintahan.

“Sulit dibayangkan jika kegiatan pemerintahan di segala bidang tidak memiliki arsip yang baik, bisa  dipastikan maksud dan tujuan dari setiap kegiatan pemerintah tidak akan terpenuhi akuntabilitasnya,” ujar Ridwan Yasin.

Hal tersebut dikemukakan Sekda saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis yang dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Senin (24/6/2019).

Ridwan mengakui dibutuhkan pembenahan dalam pengelolaan arsip di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Misalnya kearsipan bidang dokumen kepegawaian masih jauh dari harapan. Apalagi, ada arsip dinamis, dimana arsip ini yang terus bergerak. Nanti tim ahli dari ANDRI yang akan lebih menjelaskan kepada semua OPD,” kata Ridwan.

Sekda ingin agar setelah mengikuti bimtek ini, seluruh OPD harus bertanggung jawab bahkan hingga ke desa-desa terkait kearsipan. Ridwan juga meminta Dinas Arsip dan Perpustakaan untuk melakukan terobosan-terobosan dalam menggerakkan OPD memperbaiki mereka arsip masing-masing.

Ridwan berharap dengan bimtek arsip dinamis ini, penataan arsip semakin baik serta sesuai dengan peruntukannya.

“Melalui bimtek ini dapat memberikan ilmu yang baik, memberikan support untuk segera membenahi arsip masing-masing. Bagaimana mengarsipkan secara baik, bukan hanya diterima sebagai ilmu saja, tapi dipraktekkan sampai ke tingkat wilayah masing-masing, baik itu di OPD maupun di tingkat kecamatan hingga desa,” tutup sekda.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top