Rektor UMGo Orasi Ilmiah  di Wisuda STIM Bisnis Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Rektor UMGo Orasi Ilmiah  di Wisuda STIM Bisnis Gorontalo

alterntif text

Republikpos, Boalemo – Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), DR Muhammad Isman Jusuf membawakan orasi ilmiah pada wisuda program sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Bisnis Gorontalo, Sabtu (22/6/2019) kemarin.

Ketua APTISI Wilayah IX-C Gorontalo itu menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “otak dan kebangkitan Sumber Daya Manusia (SDM) : Suatu tinjauan neurosains”. Muhammad Isman Jusuf yang berlatar belakang pendidikan dokter spesialis saraf ini menguraikan tentang struktur dan fungsi otak dalam menghasilkan SDM yang berkualitas.

Menurut Isman, selama ini manusia baru menggunakan 10% dari total kapasitas otaknya dan didominasi oleh belahan otak kiri yang berkaitan dengan fungsi akademis seperti membaca, menulis, berhitung, logika dan analisa.

Padahal kata Isman, otak kanan dan otak kiri membutuhkan stimulasi yang berimbang agar struktur dan fungsi otak berkembang secara optimal.

“Apabila stimulasi dilakukan secara seimbang, maka tidak hanya unsur kecerdasan yang meningkat, namun kreativitas dan kepribadian juga ikut ditingkatkan. Stimulasi otak dapat dilakukan lewat musik, olahraga, dan ritual agama,” ungkap Isman.

Lebih lanjut Isman menjelaskan bahwa dalam dunia pendidikan, peserta didik tidak hanya diberikan mata kuliah keahlian yang merangsang otak kiri, tetapi juga diajarkan mata kuliah dasar umum yang menstimulasi otak kanan. Selain stimulasi otak lewat brain booster (pengungkit otak), salah satu strategi mencerdaskan otak adalah lewat nutrisi yang sehat baik nutrisi dasar maupun nutrisi khusus otak.

Isman berharap dengan kolaborasi yang baik antara sektor pendidikan dan sektor kesehatan, diharapkan akan tercipta SDM yang unggul dan berdaya saing. Apalagi abad 21 dikatakan sebagai century of brain (abad otak) dan millenium of mind (dekade pikiran), dimana kriteria SDM berkualitas  adalah yang memiliki daya saing kecerdasan yang berkesinambungan tutup Isman.

Sementara itu, dalam wisuda STIM Bisnis Gorontalo ini, turut hadir Bupati Boalemo H.Darwis Moridu, Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi yang diwakili Kepala Bagian kemahasiswaan dan Pembelajaran Drs. Andi Lukman, M.Si, unsur muspida dan OPD Kabupaten Boalemo, Pimpinan perguruan tinggi se Gorontalo, Ketua yayasan Bina Mandiri Dr. Ir. Aziz Rahman, MM, Ketua STIM Bisnis Gorontalo Imam Mashudi, S.Pd, M.Pd selaku ketua senat bersama para anggota senat, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa STIM Bisnis Gorontalo

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top