Sekda Minta Dana DAK Bidang Pedidikan Dikelola Baik - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sekda Minta Dana DAK Bidang Pedidikan Dikelola Baik

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) mengalokasikan dana sebesar kurang lebih 9 miliar rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi khusus (DAK) Tahun 2019 untuk program pembangunan fisik bidang pendidikan seperti Ruang Kelas Baru (RKB), perpustakaan, lab, toilet berstandar nasional, serta toilet bagi disabilitas. Rencananya pembangunan fisik tersebut akan dimulai pada senin pekan depan.

Hal tersebut terungkap saat Pemkab Gorut menggelar Penandatanganan Kontrak Kerja Pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Sekolah se-Kabupaten Gorut Tahun 2019 di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gorut, Jumat (21/6/2019).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pembinaan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin kepada seluruh kepala sekolah SD dan SMP se-Gorut selaku pengelola.

Sekda Ridwan, mengingatkan agar para pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, di bidang pendidikan agar bekerja secara teliti dan penuh tanggung jawab.

“Mudah-mudahan semangat bapak/ibu ini sesuai dengan semangat tanggungjawabnya kedepan. Berbicara tentang penggunaan atau pengelolaan dana, tentu kita sudah mengetahui seluruh konsekuensinya. Jika tidak sesuai dengan proyek yang dikerjakan maka akan bermasalah dengan hukum,” jelas Ridwan.

Sekda juga meminta agar OPD terkait untuk aktif memberi pengawasan agar mencegah terjadinya kesalahan ataupun kekeliruan yang bisa berakibat fatal.

“Pak kadis saya minta agar terus melakukan pengawasan berkala. Mulai dari peletakan batu pertama, hingga peresmian gedung itu,” kata Ridwan.

Ridwan juga meminta agar pendamping teknis dapat menunjukkan perannya. “Karena jika pembangunan tidak sesuai maka pendamping teknis yang akan diperiksa terlebih dahulu. Saya ingatkan kembali, jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan daerah karena itu akan merugikan diri sendiri,” tegas Ridwan.

Sekda berharap pengelolaan DAK untuk pembangunan RKB, perpustakaan, dan moratorium itu dapat berjalan baik dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.

“Saat ini Pemda Gorut sedang melakukan pembenahan di beberapa bidang, salah satunya terkait pengelolaan DAK ini. Sehingganya kami harap DAK dapat dikelola dengan baik sesuai aturannya,” ujar Ridwan.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top