Tutup ToT PUG, Ini Pesan Bupati Gorut - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Tutup ToT PUG, Ini Pesan Bupati Gorut

Republikpos, Gorut – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menilai maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak salah satu faktornya disebabkan masih adanya persepsi yang salah tentang perempuan dan anak.

Menurut Indra, perempuan dianggap makhluk lemah dan tak mampu berbuat apa-apa, perempuan urusannya hanya di dapur saja, perempuan kelompok kelas dua dibanding laki-laki. Begitu pun dengan anak, anak dianggap milik orangtua dan orangtua punya hak untuk memperlakukan anak sesuai keinginannya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Indra Yasin saat menutup acara Training of Trainer (ToT) Pengarustamaan Gender tingkat Kabupaten Gorut yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gorut, Selasa hingga Rabu (19/6/2019).

Bupati Indra Yasin juga menyinggung terkait keteladanan orang tua dalam meminimalisir kekerasan terhadap anak. Indra menilai orang tua atau keluarga bertanggungjawab memberikan pendidikan awal kepada anak-anaknya.

“Hubungan sosial pertama seorang anak adalah dengan kedua orang tuanya. Pendidikan nonformal ini secara tidak sadar adalah yang paling tepat membangun karakter anak berdasarkan nilai agama, moral, sosial, dan budaya,” ungkap Bupati Indra.

Indra menambahkan, orang tua harus bisa memberikan contoh yang benar kepada putra putrinya mengenai cara berbicara, bersikap, berpikir, dan melakukan berbagai hal yang benar dalam keluarga.

“Kebiasaan yang disaksikan dan dialami seorang anak dari orang tuanya secara langsung ataupun tidak langsung akan terekam dalam pikiran, bahkan sangat mungkin akan diikuti oleh anak-anaknya,” ujar Indra.

Diakhir kegiatan, Bupati Indra Yasin menyerahkan Sertifikat Kepada perwakilan Peserta kegiatan ToT PUG tersebut.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top